Tangkapan layar kamera CCTV memperlihatkan erupsi yang terjadi di Gunung Ili Lewotolok, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Selasa malam (26/12/2023)..
Sumber :
  • ANTARA/HO-PVMBG

Hati-hati! Gunung Sinabung Level Waspada, Masyarakat dan Wisatawan Diminta Jauhi Radius 3 Km

Rabu, 27 Desember 2023 - 10:38 WIB

 

Karo, tvOnenews.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat aktivitas Gunung Sinabung saat ini dalam level II (waspada). Mempertimbangkan hal itu, masyarakat dan wisatawan diminta untuk menjauhi kawasan gunung hingga radius 3 Km.

 

"Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi menyeluruh oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Indonesia, area Gunung Sinabung sedang dalam status level II (waspada) dan tingginya curah hujan berpotensi menyebabkan erupsi, hujan abu, serta banjir lahar dingin. Hal ini juga dikarenakan adanya endapan abu vulkanik dan material hasil erupsi sebelumnya," tulis Badan Geologi Kementerian ESDM dalam keterangnnya dikutip dari instagram Disbudporapar Karo, Selasa (26/12).

 

Mengetahui edaran dari Badan Geologi Kementerian ESDM itu, Pemkab Karo melalui Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) mengimbau masyarakat dan pengunjung agar menghindari area kawasan Gunung Sinabung. Diketahui kondisi di kawasan gunung api aktif itu intensitas curah hujannya tinggi sehingga dapat menimbulkan bahaya.

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:42
02:06
01:02
00:50
01:52
01:30
Viral