Banjir Kecamatan Sosa Julu..
Sumber :
  • Irvan

Sungai Aek Sosa Meluap, 4 Desa di Sosa Julu Padang Lawas Terendam Banjir

Minggu, 31 Desember 2023 - 15:39 WIB

Padang Lawas, tvOnenews.com - Hujan yang terus menerus mengguyur Kabupaten Padang Lawas dalam beberapa hari ini mengakibatkan sejumlah sungai meluap pada Minggu pagi (31/12/2023).

Akibat meluapnya Sungai Sosa 3 desa di Kecamatan Sosa Julu, Padang Lawas terendam banjir, kawasan pemukiman warga di empat desa ini terendam banjir dengan kedalaman bervariasi hingga mencapai dua meter saat pertama banjir terjadi, sehingga membuat warga terpaksa mengungsi di rumah keluarga mereka yang tidak terkena dampak banjir.

Menurut Bahrul Iman Lubis, warga Desa Lumban Buayan, Kecamatan Sosa Julu, banjir sudah terjadi dua hari ini dengan kedalaman sempat mencapai dua meter di lokasi tertentu, banjir ini terjadi akibat Sungai Aek Sosa meluap setelah hujan terus menerus mengguyur Kecamatan Sosa Julu.

“Akibat hujan terus menerus air Sungai Aek Sosa meluap sehingga menggenangi empat desa yang ada di Kecamatan Sosa Julu ini, warga sempat mengungsi pada Minggu dini hari tadi dikarenakan air sempat tinggi hingga mencapai dua meter,” ujar Bahrul.

Sementara itu menurut Camat Sosa Julu, Muliady Hasibuan, saat ini pihaknya masih mendata jumlah warga yang terkena dampak banjir di akhir tahun 2023, pihaknya pun sudah mempersiapkan posko kesehatan dan akan mempersiapkan dapur umum untuk kebutuhan makan korban banjir di Kecamatan Sosa Julu ini.

Adapun empat desa terkena dampak banjir Desa Lumban Huanyan, Desa Pasir Julu, Desa Pasir Jae dan Desa Batu Jior.

“Kami pihak pemerintah Kecamatan Sosa Julu masih terus melakukan pendataan untuk masyarakat dari empat desa yang terkena dampak banjir, posko kesehatan sudah dibuat di dekat lokasi banjir dan saat ini kita akan membuat dapur umum untuk kebutuhan makanan korban banjir,” tegas Mulyadi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral