Kepala Otoritas Bandara (KAOTBAN) Wilayah 6 Padang, Capt. Megi Hermiadi (tengah)..
Sumber :
  • Tim tvOne/Andri Saputra

Sempat Ditutup Akibat Tertutup Abu Vulkanik Marapi, Bandara Minangkabau Kembali Dibuka Pagi Ini

Sabtu, 6 Januari 2024 - 12:02 WIB

Padang Pariaman, tvOnenews.com - Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM) sudah dioperasikan lagi mulai Sabtu (6/1/2024) pukul 05.20 WIB. Sepanjang hari Jumat kemarin, bandara ditutup karena abu vulkanik Gunung Marapi sampai ke areal landasan pacu bandara di Tengah aktivitas Marapi yang terus-menerus erupsi.

“Alhamdulillah, pagi ini sudah kita operasikan lagi,” kata Kepala Otoritas Bandara (KAOTBAN) Wilayah 6 Padang, Capt. Megi Hermiadi, saat dihubungi via telepon.

Menurut Megi, dari hasil pengamatan dan paper test, sudah tidak ditemukan lagi abu vulkanik, sehingga operasional bandara bisa dilakukan. “Tidak ada lagi. Sementara ini aman,” katanya.

Meski begitu, operasional bandara sewaktu-waktu bisa dihentikan lagi, kalau kondisi mengkhawatirkan. “Kita bersama stakeholder terkait, terus melakukan pemantauan kondisi,” katanya lagi.

Sementara itu, Gunung Marapi terus mengalami erupsi. Pos Pemantau Gunung (PGA) Gunung Marapi di Kota Bukittinggi mencatat, pagi ini, gunung mengalami erupsi dua kali, masing-masing pada pukul 08.54 WIB dan pukul 08.58 WIB.

“Telah terjadi erupsi Gunung Marapi, Sumatera Barat namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 4.9 mm dan durasi sementara ini lebih kurang 1 menit 24 detik,” kata Kepala Pos PGA Marapi, Ahmad Rifandi. “Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat.” (asa/wna) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral