Harimau Sumatera bernama Nurhaliza mati saat di dalam kandang Medan Zoo pada 31 Desember 2023 lalu..
Sumber :
  • Tim tvOne/Zulfahmi

Harimau Sumatera Mati di Medan Zoo, KSDA Sumut: Nurhaliza Mati Akibat Pneumonia dan Renal Disease

Selasa, 9 Januari 2024 - 06:03 WIB

Medan, tvOnenews.com - Kabar duka datang dari Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo. Seekor harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) bernama Nurhaliza mati pada 31 Desember 2023.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (KSDA Sumut), Rudianto Saragih Napitu mengatakan, setelah mendapatkan informasi kematian harimau Nurhaliza, pihaknya bersama tim medis melakukan nekropsi atau bedah bangkai.

"Bedah bangkai dilakukan pada Senin, 1 Januari 2024," kata Rudianto, Senin (8/1/2024).

Dari hasil nekropsi, diketahui bahwa Nurhaliza mati akibat pneumonia dan renal disease. Hal ini diperkuat dengan hasil pemeriksaan medis sebelumnya pada 14 November 2023, yang menunjukkan bahwa Nurhaliza mengalami gangguan paru, napas tersengal-sengal dan bersuara, serta kondisi gigi kurang baik.

Rudianto mengungkapkan, berkaitan dengan pengelolaan satwa, Balai Besar KSDA Sumut telah melakukan pemantauan terhadap Lembaga Konservasi Medan Zoo sejak April 2023. 

Hasil pemantauan tersebut menunjukkan bahwa pengelolaan satwa di Medan Zoo belum memenuhi standar pengelolaan Lembaga Konservasi, terutama animal welfare, fasilitas kandang dan tata kelola lingkungan.

"Hal itu terlihat dari kandang satwa buas yang kurang baik, seperti kandang yang sudah mulai rusak dan lembab mengakibatkan penurunan kesehatan satwa," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral