Rahmat Shah..
Sumber :
  • Iin

Salah Kelola, 3 Harimau Mati di Medan Zoo, Rahmat Shah Ingin Ambil Alih: Tak Dikasih Dari 10 Tahun Lalu!

Kamis, 11 Januari 2024 - 15:37 WIB

Medan, tvOnenews.com - Ketua Umum Lembaga Konservasi Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI), Rahmat Shah merasa prihatin dengan keadaan Medan Zoo hingga saat ini. Setidaknya sudah ada tiga harimau Sumatera mati dalam waktu berdekatan.

Rahmat Shah menilai orang-orang yang ada dalam manajemen Medan Zoo tidak berkompeten. Medan Zoo yang dinilai salah kelola ini sejak dulu ingin diambil alih olehnya. Namun, hingga Wali Kota Medan dijabat oleh Bobby Nasution, Rahmat Shah belum mendapat kesepakatan pengelolaan. Padahal, jabatan wali kota Bobby pun juga akan berakhir tahun ini.

“Bukan hari ini mau diambil (alih), sudah 10 tahun yang lalu, tapi yang punya wali kota (Medan) dari dulu ke dulu sampai saat ini nggak sedia memberi bagaimana? Karena (untuk) itu (saja) saya keluar uang (membantu memberi pakan satwa)," kata Rahmat Shah saat dihubungi, Kamis (11/1/2024).

“Saya rasa pelaksananya tidak profesional, tidak menguasai masalah lembaga konservasi. Tapi bagaimana kita maksanya pemiliknya nggak mau kasih. Saya sudah undang juga Taman Safari, sudah bicara sudah ketemu Wali Kota tapi belum ada titik temu," ungkap mantan anggota MPR RI itu.

Rahmat mengaku walaupun belum mendapat restu dari Pemko Medan untuk mengelola Medan Zoo, ia telah memberikan berbagai bantuan, salah satunya menurunkan timnya untuk memeriksa dan memberi pakan satwa. Menurut Rahmat, inti masalah dari Medan Zoo sehingga mengakibatkan satwa-satwa di sana terancam hingga mati salah satunya adalah karena salah kelola.

"Salah kelola saja, bukan orang yang profesional di sana, nggak ngerti perawatan hewan. Sebenarnya kalau mau jujur urusan kebun binatang ini bukan urusan Pemko, bukan soal pemerintah dan ini yaaa salah kelola saja. Dan orang yang dikasih amanah sama Wali Kota mungkin kerjanya nggak beres," tegas ayah aktris Raline Shah itu.

Mendengar berita ada tiga harimau yang mati dalam waktu berdekatan, bos Siantar Zoo itu merasa prihatin. Ia juga menyarankan Medan Zoo yang saat ini dalam situasi mencekam bagi satwa-satwa di sana agar ditutup sementara.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral