Rahmat Shah, Ketua Umum Lembaga Konservasi Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI)..
Sumber :
  • Tim tvOne/Iin Prasetyo

Sosok Rahmat Shah, Sukses Bangun Taman Hewan Pematang Siantar, Ingin Ambil Alih Medan Zoo tapi Belum Berhasil

Jumat, 12 Januari 2024 - 20:18 WIB

Medan, tvOnenews.com - Rahmat Shah seorang konservasionis bukanlah sosok sembarangan, terlebih bagi daerah Sumatera Utara. Ia sukses membangun Taman Hewan Pematang Siantar sebagai salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia. 

Kini, namanya disebut-sebut sebagai orang yang ingin mengambil alih Medan Zoo. Seperti diketahui, saat ini keadaan Medan Zoo sedang sekarat. Wali Kota Medan Bobby Nasution nampaknya masih kelabakan bagaimana memulihkan kondisi Medan Zoo.

Usut punya usut, ternyata Rahmat Shah pengusaha sukses asal Simalungun ini ingin mengambil alih Medan Zoo. Dia mengaku kepada tvOnenews.com kalau keinginan itu sudah sejak 10 tahun lalu, tapi hingga saat ini ia belum berhasil melobi Pemko Medan.

"Bukan hari ini mau diambil (alih), sudah 10 tahun yang lalu, tapi yang punya Wali Kota (Medan) dari dulu ke dulu sampai saat ini nggak bersedia memberi bagaimana? Karena (untuk) itu (saja) saya keluar uang (membantu memberi pakan satwa)," kata Rahmat Shah saat dihubungi, Kamis (11/1/2024).

Rahmat Shah lahir di Simalungun, 23 Oktober 1950. Ia merupakan seorang pengusaha, filantropis, konservasionis, diplomat, dan politikus sukses di Indonesia. Ayah dari aktris Raline Shah ini pernah duduk sebagai anggota MPR RI pada 1999-2004 yang diketuai oleh Amien Rais. Rahmat Shah juga pernah menjadi anggota DPD RI 2009-2014.

Berkat kesenangannya pada satwa, Rahmat Shah, selain sukses membangun kebun binatang ia juga mendirikan museum margasatwa Rahmat International Wildlife Museum and Gallery di Medan. Diketahui museum itu menjadi satu-satunya di Asia yang memiliki lebih dari 5.000 spesimen taksidermi. Dan pada 1996, ia mengambil alih Taman Satwa Pematang Siantar.

Berkat kecintaannya pada satwa, Rahmat Shah diamanahi sebagai Ketua Umum Lembaga Konservasi Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI). Sebagai orang yang concern terhadap konservasi satwa, Rahmat merasa prihatin terhadap keadaan mencekam di Medan Zoo saat ini.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral