Warga tandu jenazah menggunakan ban seberangi sungai..
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

Miris! Tak Ada Jembatan, Warga Pesisir Barat Lampung Tandu Jenazah Seberangi Sungai Menggunakan Ban

Rabu, 17 Januari 2024 - 14:19 WIB

Pesisir Barat, tvOnenews.com - Miris! Karena tak ada akses jembatan, warga di Pekon (desa) Pemerihan, Kecamatan Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung menandu jenazah untuk dikebumikan dengan cara berenang menyeberangi sungai di daerah setempat. Hal itu dilakoni warga sehari-hari, bahkan telah berlangsung selama bertahun-tahun.

"Jenazah mau dikebumikan. Hanya akses jalan yang ada menuju pemakaman harus menyeberangi sungai," kata Sulardi, warga Pekon Pemirahan, Rabu (17/1/2024).

Sulardi menjelaskan Pekon Pemerihan merupakan salah satu desa yang lokasinya jauh terpencil di dalam hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Kondisi itu sempat viral di media sosial itu yang memperlihatkan warga menandu jenazah meninggal karena sakit.

"Itu warga meninggal karena sakit dan video tersebut pada tanggal 16 Januari 2024 jam 9 pagi," jelasnya.

Lanjutnya, warga setempat berharap pemerintah di daerah segera membangun akses jembatan, sehingga memudahkan warga untuk beraktivitas ke luar daerah. "Kami butuh bantuan dari pemerintah untuk dibangunkan jembatan," harap dia.

Dia menambahkan bahwa kejadian seperti ini bukan yang pertama, namun sudah sering terjadi. "Sudah bertahun-tahun, kami kalau mau mengebumikan jenazah harus dengan kondisi seperti ini makanya kami sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah mohon dibantu kami," papar dia.

Sementara itu Rozzidin, sopir ambulance mengatakan sudah saatnya pemerintah memperhatikan pembangunan wilayah terisolir. Apalagi saat ini menjelang Pemilu baik Pilpres, dan Pemilihan Legislatif.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:20
01:09
02:07
03:49
01:14
08:35
Viral