Kondisi banjir bandang yang menerjang Desa Pintu Padang, Kecamatan Ulu Barumun..
Sumber :
  • Tim tvOne/Irvan

Sejumlah Desa di Padang Lawas Diterjang Banjir Bandang

Jumat, 26 Januari 2024 - 16:36 WIB

Padang Lawas, tvOnenews.com - Banjir Bandang menerjang Desa Pintu Padang (Sigiring-giring) Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara. Material berupa lumpur dan kayu gelondongan merusak puluhan rumah dan kantor pustu, Desa Pintu Padang.

"Kejadiannya pagi hari tadi, tiba-tiba ada suara seperti pesawat yang mau landas dari arah hulu Sungai Batang Taris, rupanya suara itu air yang begitu besar dan deras bercampur lumpur dan kayu gelondongan,” sebut Aman Siregar, salah satu warga Pintu Padang. 

Pantauan tvOnenews di lapangan, luapan air Sungai Batang Taris yang menghantam permukiman warga sudah mulai surut. BPBD, TNI dan Polri bersama warga setempat sudah mulai membersihkan material longsor menggunakan satu unit alat berat jenis beko. 

Menurut sekretaris BPBD Padang Lawas, Irsan Soleh Lubis, saat ini pihaknya telah melakukan pendataan terhadap rumah yang rusak. "Saat ini kami sedang melakukan pendataan di lokasi banjir bandang. Petugas BPBD, TNI dan Polri sudah turun ke lokasi untuk membuat posko pengungsian dan dapur umum,” ujarnya. 

Selain Desa Pindu Padang, di waktu yang sama, permukiman warga Desa Matondang juga diterjang banjir dari Sungai Aek Jorbing. Akibatnya, sejumlah rumah warga terendam. Dari informasi yang dihimpun di lapangan hingga saat ini tidak ada korban jiwa. (irv/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral