Evakuasi hewan ternak ke lokasi yang lebih aman..
Sumber :
  • Tim tvOne/Boris

Banjir Melanda Sejumlah Daerah di Pali, Warga Panik Evakuasi Hewan Ternak ke Lokasi yang Aman

Jumat, 9 Februari 2024 - 15:45 WIB

Pali, tvOnenews.com - Dilanda hujan dengan intensitas tinggi membawa dampak buruk bagi peternak dan petani di Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatera Selatan. Terhitung sejak awal tahun hingga saat ini, sudah tiga kali air menggenangi lahan perkebunan.

Banjir kembali melanda sejumlah lahan perkebunan warga, di kawasan Lebung Selincah, Desa Tanah Abang Jaya, Kabupaten Pali. Tidak hanya tanaman yang menjadi kekhawatiran warga, bencana ini juga berdampak terhadap hewan-hewan ternak milik warga.

Muji Mulyono, seorang peternak hewan, Jumat (9/2/2023), mengungkapkan jika banjir yang dialaminya saat ini merupakan banjir yang ketiga kalinya terjadi di sepanjang tahun 2024. Kondisi air sebelumnya, diakuinya, sudah sempat berkurang, namun akibat dari hujan yang deras disertai angin kencang membuat ia terpaksa harus mengevakuasi hewan-hewan ternak ke tempat yang lebih aman.

"Kami di sini beternak hewan yaitu 17 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Mulai dari tahun 2024 banjir yang hari ini terjadi itu merupakan banjir yang ketiga kalinya, di mana semalam air mulai masuk ke dalam rumah, setelah itu pagi tadi air setinggi 1 meter sudah menggenangi lahan. Banjir tahun ini berbeda dibanding pada tahun-tahun sebelumnya yang biasanya hanya tiga harian saja tidak sampai seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Selain itu, air juga merendam berbagai tanaman di lahan kebun yang membuat warga khawatir akan mengganggu atau menimbulkan kerusakan dan kerugian akibat bencana tersebut. Saat ini terdapat tanaman yang hendak dipanen, ada juga yang masih dalam pertumbuhan, bahkan ada juga yang baru saja ditanam.

"Tanaman kita juga terendam air semua itu, seperti sawit yang baru saja kita tanam, jeruk sudah mulai mau panen ikut terendam. Kami jadinya khawatir akan merusak tanaman jika terlalu lama direndam air. Hujan terus setiap malam di sini, itu makanya membuat sungai kecil yang berada di sekitar area kebun kita ini meluap terus,” kata Muji Mulyono. (bls/wna)

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral