Petugas gabungan membawa logistik pemilu 2024 ke lokasi terpencil di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung menggunakan gerobak sapi dan ojek motor trail..
Sumber :
  • Pujiansyah

Pendistribusian Logistik Pemilu ke Lokasi Terpencil di Lampung Gunakan Gerobak Sapi dan Ojek Motor Trail

Senin, 12 Februari 2024 - 13:42 WIB

Pesisir Barat, tvOnenews.com - Pendistribusian logistik pemilu 2024 ke lokasi terpencil di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung menggunakan gerobak sapi dan ojek motor trail. Sebab, hanya dua jenis moda angkutan itu yang mampu menembus empat desa di dalam wilayah Enclave Way Haru, yang dikepung Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dan Samudera Hindia.

Pendistribusian logistik Pemilu ke empat wilayah terpencil pakai gerobak sapi. Logistik ini datang dari gudang KPU Pesisir Barat yang berada di Way Redak yang berjarak sekitar 100 kilometer. Logistik ini dikirim  sehari sebelumnya dengan menggunakan truk menuju Kantor Camat Bengkunat. 

Setelah menginap semalam, logistik ini lanjut dikirim menuju PPS empat desa terpencil serentak dengan masuknya tenaga pam TPS Polres Pesibar.

“Kami sudah mendistribusikan logistik pemilu 2024 ke kecamatan terjauh, terluar dan terisolir yang berada di Kabupaten Pesisir Barat. Untuk Kecamatan Bengkunat yang lokasinya terjauh terdapat 79 TPS," kata Marlini, Ketua KPU Kabupaten Pesisir Barat, Senin (12/2/2024).

Marlini menjelaskan, Kabupaten Pesisir Barat memiliki sejumlah daerah rawan dalam pemilu karena alasan 3T atau terluar, terdepan dan terpencil. Empat desa di kawasan Way Haru merupakan wilayah rawan dalam penyelenggaraan pemilu.

“Ada empat pekon (desa) di Kecamatan Bengkunat yang sulit dijangkau dan terisolir yakni Pekon Way Haru, Pekon Siring Gading, Pekon Bandar Dalam dan Pekon Way Tiyas," jelasnya.

Akses keluar masuk wilayah ini hanya dua, yakni jalan patroli milik TNBBS atau jalan alternatif menyusuri bibir pantai. dua-duanya merupakan pilihan yang berat untuk dilintasi. Jalan patroli kondisinya rusak parah sehingga hanya gerobak sapi yang dapat melintasinya. Sedangkan jalur tepi pantai selalu dihantui pasang surut air laut dan besarnya gelombang Samudera Hindia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral