anitia penyelenggara menghentikan proses penghitungan suara di TPS 19 Way Kandis, Bandar Lampung karena terdapat 2 caleg yang namanya telah tercoblos pada kertas suara..
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

Diduga Curang, Surat Suara di TPS Bandar Lampung Ditemukan Sudah Tercoblos

Rabu, 14 Februari 2024 - 21:56 WIB

Bandar Lampung, tvOnenews.com - Diduga curang, surat suara di TPS Bandar Lampung ditemukan sudah tercoblos, Rabu (14/2/2024). Temuan kecurangan terjadi di TPS 19 Way Kandis, Tanjung Senang Bandar Lampung.

Kecurangan yang ditemukan, terdapat ratusan surat suara yang dalam kondisi sudah dicoblos sebelum diberikan kepada pemilih.

Ratusan surat suara yang tercoblos itu, mengerucut pada dua nama. Yakni Nettylia Syukri calon anggota DPRD Provinsi Lampung dari Partai Demokrat dan Ali Sidik calon anggota DPRD Kota Bandar Lampung dari Partai PKS.

Hal itu bermula dari adanya aduan masyarakat yang kaget melihat surat suaranya tercoblos. Alih-alih mengira surat suara itu rusak, rupanya setelah dicek, terdapat ratusan surat suara yang dalam kondisi sama. Setelah ditemukannya kejadian itu, proses pemungutan suara di TPS 19 itu dihentikan.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPPS TPS 19 Way Kandis, Bandar Lampung, Abus Salam pihaknya tidak mengetahui muasal kecurangan itu. "Mulanya semua berjalan lancar di mana surat suara masih tersegel dan terbungkus plastik," kata Abus, Rabu (14/2/2024).

Setelah diperiksa secara menyeluruh, Abus menjelaskan ada 133 lembar surat suara yang kondisinya telah tercoblos antara lain Caleg DPRD Lampung dari Partai Demokrasi, Hesty Kumalasari sebanyak 130 kertas suara. 

Kemudian Caleg DPRD Bandar Lampung dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sidiq Efendi sebanyak 100 suara. "Berdasarkan kejadian tersebut, kami merekomendasikan pencoblosan dihentikan dan menunggu rekomendasi Bawaslu," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
05:04
Viral