10 TPS di Kepri Akan Lakukan Pemungutan Suara Ulang.
Sumber :
  • Tim tvOne

10 TPS di Kepri Akan Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Minggu, 18 Februari 2024 - 11:53 WIB

Tanjungpinang, tvOnenews.com - Sebanyak 10 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akan melakukan pemungutan suara ulang (PSU). 10 TPS itu tersebar di Kota Tanjungpinang, Kota Batam dan Kabupaten Tanjung Balai Karimun.

Setidaknya ada delapan TPS di Kota Tanjungpinang yang akan menjalani proses PSU. Sementara sisanya berada di Kota Batam dan Kabupaten Karimun. Selain itu, ada delapan TPS di Kepri yang akan melakukan pemungutan suara lanjutan (PSL).

"Total ada 10 TPS yang akan di PSU. Delapan TPS akan melakukan pemungutan suara lanjutan untuk satu jenis surat suara, di DPRD Provinsi Dapil Kepri 4," ujar Ketua KPU Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi, Minggu (18/2/2024).

Ia menerangkan, terjadinya PSU ini lantaran adanya permasalahan teknis saat prosesnya penyaluran suara berlangsung. Seperti, ada pemilih yang tidak memiliki hak pilih dan ber KTP luar Provinsi Kepri, namun ikut memilih.

Indrawan mengakui memaklumi terjadinya PSU di sejumlah TPS tersebut. Menurutnya, hal ini disebabkan adanya faktor human error, hingga konsentrasi. Namun, kesalahan dalam penyelenggaraan Pemilu tersebut haruslah diperbaiki dengan PSU.

“Tidak bisa kita putuskan siapa yang salah. Ini faktor human error, konsentrasi, jadi dimaklumi ada kesalahan. Namun harus diulang melalui mekanisme PSU itu," ungkapnya.

Proses PSU di satu TPS Batam dan Tanjung Balai Karimun akan dilaksanakan hari ini, Minggu, 18 Februari. Sementara delapan TPS di Tanjungpinang, akan melakukan PSU pada 24 Januari mendatang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral