Cabai Merah..
Sumber :
  • Jupri

Petani Lokal Gagal Panen Harga Cabai di Karimun Tembus 90 Ribu per Kilo

Rabu, 28 Februari 2024 - 15:12 WIB

Karimun, tvOnenews.com - Harga cabai merah di Kabupaten Karimun, Kepri, tembus Rp90 ribuan per kilogram. Dinas Pangan Karimun mengungkapkan hal ini akibat banyaknya gagal panen, Rabu (28/2/2024).

Kenaikan bahan pangan khususnya cabai sangat dikeluhkan para ibu rumah tangga, apa lagi menjelang masuknya bulan Ramadan yang kurang dari dua pekan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun, Sukrianto Jaya Putra, menyebut, alasan kenaikan harga terjadi akibat banyaknya petani yang mengalami gagal panen.

"Petani lokal kita banyak yang mengalami gagal panen, sehingga stok cabai merah menipis dan tidak cukup memenuhi kebutuhan. Kita harus mengimpor cabai merah dari daerah Aceh dan Mataram, karena yang dari Sumatera Barat harganya juga tinggi saat ini," ucapnya.

Sukri melanjutkan, pihaknya bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Karimun sudah melakukan survei di lapangan serta menggalakkan petani lokal untuk mulai menanam bibit cabai merah.

"Itu sudah kita galakkan ke petani lokal untuk mulai menanam cabe merah secara masiv, sehingga tiga bulan ke depan saat panen stoknya bisa mencukupi," sambungnya.

Selain itu, Sukri menjalaskan bahwa pihaknya bersama TPID juga akan memanfaatkan program Fasilitasi Distribusi Pangan yang merupakan bagian dari kebijakan Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral