Bubur sup khas melayu..
Sumber :
  • Gustina Hasan

Kuliner Ramadhan, Kesultanan Deli Siapkan 1000 Piring Bubur Sup Untuk Santapan Berbuka

Rabu, 13 Maret 2024 - 13:29 WIB

Medan, tvOnenews.com - Bubur sup khas Kesultanan Deli selalu dinantikan warga sekitar masjid maupun warga yang ingin berbuka puasa di Masjid bersejarah tersebut.

Bubur sup yang terdiri dari daging sapi, beras, kentang, wortel, dan bumbu rempah-rempah membuat aromanya menyebar, membuat siapapun tak sabar untuk menyantapnya saat berbuka puasa.

Bubur yang dimasak dengan menggunakan kayu bakar sehingga menimbulkan aroma khas tersendiri.

Ketua Pengurus Masjid Raya Al Mashun, Muhammad Hamdan menjelaskan bagi-bagi bubur saat Ramadhan sudah menjadi tradisi dari Kesultanan Deli, yang terletak di Jalan Mahkamah Medan ini, bubur ini juga merupakan salah satu makanan kesukaan Kesultanan Deli dijamannya.

“Kita siapkan 1000 porsi buat masyarakat yang hendak membawa pulang, dan sebagian untuk jemaah yang berbuka di masjid. Bubur sup akan kita sajikan hingga 27 Ramadhan selebihnya kita akan gunakan nasi bungkus," jelasnya pada Senin (12/3/2024) di Medan.

Bubur sup ini kata Hamdan, persiapannya sudah jauh-jauh hari seperti bahan bakar kayu, wadah memasaknya atau tungku memasak Sup yang ukurannya besar telah dipersiapkan.

Dari pantauan di lapangan, beberapa masyarakat tampak begitu semangat saat membawa pulang bubur sup yang hadir sejak puluhan tahun lalu. Di antaranya ada Umi yang mengakui rasa bubur sup ini tak berubah saat pertama kali ia makan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral