Enam warga etnis Rohingnya diinapkan sementara di Gedung Serbaguna Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat..
Sumber :
  • Antara

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Tampung Sementara Etnis Rohingya yang Terdampar

Kamis, 21 Maret 2024 - 14:07 WIB

Meulaboh, tvOnenews.com - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memberikan penampungan sementara terhadap enam orang etnis Rohingya korban kapal terbalik di perairan setempat. Para pengungsi ditampung sementara di Gedung Serbaguna Kantor Camat Samatiga, Kamis (21/3/2024).

“Enam orang pengungsi ini kita tampung sementara di kecamatan,” kata Pelaksana tugas (Plt) Camat Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Mimi Al Nur.

Ia menyebutkan, keenam etnis Rohingya tersebut berada di daratan Aceh setelah sebelumnya diselamatkan oleh nelayan Aceh Barat, yang mengetahui kapal etnis Rohingya terbalik di sekitar perairan setempat.

Keenam etnis Rohingya tersebut kemudian dibawa ke Kantor Camat Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, karena masyarakat tidak memiliki tempat penampungan di desa.

Ada pun identitas warga Rohingya asal Myanmar yang saat ini telah berada di Balai Serbaguna Kantor Camat Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, diantaranya Selin (laki-laki, 34), Zahed (laki-laki, 18), Afsara BI (perempuan, 18), Rufeyas (perempuan, 18), Ropeka Aktar (perempuan, 15), serta Ruzoma (perempuan, 15), dan semuanya berasal dari Myanmar.

Camat Mimi Al Nur mengatakan penampungan sementara etnis Rohingya tersebut dilakukan oleh pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah kecamatan, sebagai wujud kemanusiaan dan menjaga kesucian bulan Ramadhan.

“Mereka yang enam orang ini kita tampung sementara, dengan catatan tidak terlalu lama. Karena kita tidak punya anggaran,” katanya menambahkan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral