Masjid Lama Gang Bengkok Medan tampak belakang..
Sumber :
  • Tim tvOne/Fahmi

Berdiri Tahun 1874, Masjid Bengkok Medan Dibangun oleh Saudagar Keturunan Tionghoa

Kamis, 21 Maret 2024 - 15:15 WIB

Medan, tvOnenews.com - Masjid Lama Gang Bengkok menjadi salah satu masjid bersejarah di Kota Medan. Keunikan masjid yang terletak di Jalan Masjid, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat ini dibangun oleh saudagar kaya keturunan Tionghoa bernama Kapten Chong A Fie.

Sekretaris BKM Masjid Lama Gang Bengkok, Haji Muchlis Tanjung menyebutkan Masjid ini pertama kali berdiri pada tahun 1874. Masjid ini kemudian diserahkan Tjong A Fie kepada Kesultanan Deli, pada masa pemerintahan Sultan Deli Ma'moen Al Rasyid.

"Masjid Lama Gang Bengkok, Mesjid pertama di kota Medan berdiri sejak tahun 1874 dan dibangun oleh warga Tionghoa atas nama Chong A Fie. Dahulu kala sosok Chong A Fie terkenal oleh masyarakat dengan kedermawanannya, keturunan Tionghoa itu juga membangun Masjid Bengkok ini dengan uang pribadi sendiri tanpa ada bantuan dari pihak mana pun.

“Sedangkan untuk bangunan Masjid ini berdiri diatas tanah wakaf dari Haji Muhammad Ali atau lebih dikenal dengan nama Datuk Kesawan," kata Muchlis, Kamis (21/03/2024) siang kepada tvonenews.com di Medan.

Dikatakan Muchlis, Bangunan Masjid Lama Gang Bengkok memiliki arsitektur 3 budaya yang menunjukkan bahwa tingginya toleransi masyarakat kota Medan dalam beragama. Hal itu terlihat dari bagian atap masjid yang semakin melebar dan melengkung seperti layaknya kelenteng.

"Marilah kita lihat secara jelih kondisi bangunan Masjid Bengkok ini atapnya melengkung kayak kelenteng. kemudian masjid bersejarah ini bercorak warna kuning artinya menunjukan ciri khas melayu dengan dipadukan warna hijau yang artinya juga merupakan simbolis dari keislaman,”sebutnya.

Ketika tvonenews.com mengali secara tajam tentang, sejarah dan bangunan Masjid bersejarah di kota Medan, Muchlis Tanjung lalu menceritakan, sebelumnya Masjid Al Osmani yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Pekanlabuhan, Kecamatan Medan Labuhan. Masjid Al Osmani adalah Masjid tertua di Kota Medan dibangun pada tahun 1854 Masehi, oleh Sultan Osman Perkasa Alam (Sultan Deli Ke-7). Kemudian 20 tahun setelahnya, dibangunlah masjid Gang Bengkok dengan memiliki sebuah sejarah antara warga melayu dengan warga Tionghoa.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
17:30
00:55
01:19
06:13
02:28
Viral