Petugas medis lakukan pemeriksaan terhadap warga di Puskesmas Simuk..
Sumber :
  • Tim tvOne/Oneman Halawa

Puluhan Warga Pulau Simuk Nias Selatan Positif Malaria, Empat Orang di antaranya Meninggal Dunia 

Rabu, 27 Maret 2024 - 14:18 WIB

Nias, tvOnenews.com - Sedikitnya empat warga Kepulauan Simuk, salah satu pulau terluar di Nias Selatan, Sumatera Utara meninggal dunia akibat terjangkit wabah malaria tropica. Sedangkan puluhan orang diantaranya positif dan harus dirawat di Puskesmas.

Pulau ini memang endemik dengan malaria. Namun pada tahun ini, merupakan malaria terparah yang mengancam penduduknya.

Pulau Simuk terdiri dari enam desa dengan jumlah penduduk 1.105 jiwa. Hanya dalam kurun waktu tiga pekan saja, berdasarkan data Puskesmas Simuk, sekitar 30 warga positif terjangkit malaria.

“Empat orang korban meninggal dunia, dua di antaranya sesuai hasil rapid tes benar terjangkit malaria sementara dua orang lainnya meninggal belum sempat ke puskesmas dan meninggal di kediaman mereka,” kata Kepala UPTD Puskesmas Simuk, Bavo Amuri Zoromi, Rabu (27/3/2024).

Bavo Amuri menambahkan, wabah malaria tahun ini merupakan yang terparah sebab menimbulkan korban jiwa. Kondisi itu diperparah dengan fasilitas kesehatan yang minim di Kepulauan Simik, Nias Selatan. Seperti tidak ada dokter jaga, sehingga pasien harus dirujuk ke Teluk Dalam atau rumah sakit di Gunung Sitoli untuk mendapatkan perawatan.

“Saat wabah ini menyerang masyarakatnya sejumlah kebutuhan obat-obatan juga tidak tersedia di Puskesmas,” terang Bavo.

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral