Bubur Pedas Melayu..
Sumber :
  • Martinus

Bubur Pedas Melayu, Kuliner Khas yang Jadi Santapan Lezat di Bulan Ramadhan

Selasa, 2 April 2024 - 17:40 WIB

Medan, tvOnenews.com - Kota Medan dikenal dengan keberagaman kulinernya, apalagi saat bulan Ramadhan tiba. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Bubur Pedas Khas Melayu.

Bubur pedas dengan olahan rempah, daun jambu, irisan daging dan anyang pakis menjadi menu khas berbuka puasa di masjid bersejarah bernama Masjid Al Osmani, Jalan Komodor Laut Yos Sudarso, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan.

Makanan khas melayu itu sejak lama disajikan pada bulan Ramadhan. Sejak era Kesultanan Deli, bubur pedas dibuat dan dibagikan kepada masyarakat sekitar masjid. Namun jika ingin menikmati sajian bubur pedas itu, anda harus datang setiap hari Kamis, karena bubur pedas hanya dibuat seminggu sekali.

"Tradisi berbuka puasa bersama memang sudah jadi tradisi dan rutin kita lakukan dari tahun ke tahun. Dan kita buat bubur pedas yang merupakan menu khas dari Masjid Al Osmani," ujar Ketua Kenaziran Masjid Al Osmani, Ahmad Fahroni, Selasa (2/4/2024).

Bubur pedas adalah makanan para raja pada masa itu, bubur ini biasanya dibuat dalam kegiatan kegiatan tertentu atau saat meyambut para tamu kerajaan.

Biasanya bubur pedas akan disajikan dengan ditambahkan anyang pakis.

"Jadi saat ini memang berbuka puasa dengan bubur pedas terus dilakukan agar mengenalkan budaya kepada para pemuda dan generasi sekarang. Agar mereka tau jika ini makanan khas melayu dan makanan sehat," ungkap Ahmad.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:25
01:50
23:20
10:14
01:42
10:39
Viral