Lomang Panas Jaya, oleh-oleh kuliner khas Kota Medan..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Fahmi

Pemburu Kuliner, Wajib Coba Lomang Panas Jaya Buatan Bang Lubis

Sabtu, 8 Januari 2022 - 16:24 WIB

Medan, Sumatera Utara - Bagi pemburu kuliner dan oleh-oleh khas Kota Medan, pastinya tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Makanan lokal, namun diburu wisatawan lokal hingga mancanegara.

Yaaa! 'Lomang' namanya. Makanan tradisional ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan yang dicampur santan dan dikemas menggunakan daun pisang. Uniknya, makanan ini dimasak ala kampung dengan dimasukan ke dalam ruas bambu dan dibakar di atas bara api. 

Aroma sedap mulai keluar dari omang yang mulai matang. Setelah matang ketan tersebut terasa pulen dan gurih, serta memiliki aroma yang khas. Jangan lupa, lomang akan semakin nikmat bila disantap dalam keadaan masih hangat. Selain itu, lomang juga bisa disantap dengan topping tapai, durian, atau selai srikaya. 

Bila anda penasaran dengan rasanya, Lomang Ala Bang Lubis ini bisa dijadikan pilihan. Pedagang Lomang yang satu ini memiliki cara berbeda dalam memasak lomangnya sehingga menghasilkan lemang yang gurih.

Pedagang Lomang yang satu ini menamai daganganya dengan nama daerah dari Tapanuli Selatan. Lomang Panas Jaya Jalan Flamboyan Raya No. 5, Tanjung Selamat, Medan Tuntungan.

Sejak tahun 2007, Bang Lubis mulai membuat Lomang. Berkat ketekunannya, ia mampu menjual lomang sebanyak 300 batang perhari dengan harga jual 30.000 rupiah per batang.

"Pilihlah lomang yang gurih. Banyak yang bisa buat lomang, namun rasa pasti berbeda,” katanya kepada www.tvonenews.com. Berikut tips memilih lomang yang gurih ala Bang lubis: 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral