Wakil Bupati Mandailing Natal, Atika Azmi Utammi Nasution saat meninjau RSUD Mandailing Natal..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Romulo

Tidak Punya Anggaran Beli Perlengkapan Medis, RSUD Mandailing Natal Terancam Gagal Dioperasikan

Kamis, 13 Januari 2022 - 15:55 WIB

Mandailing Natal, Sumatera Utara - Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Mandailing Natal gagal dioperasikan tahun ini karena kendala perlengkapan kesehatan. Pasalnya Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal tidak memiliki anggaran untuk mengadakan perlengkapan RSUD karena pemotongan anggaran di masa pandemi Covid-19.

Pembangunan gedung RSUD Mandailing Natal di komplek perkantoran kantor Bupati Mandailing Natal sudah berjalan sejak tahun 2018 lalu. Akhir tahun 2021 lalu pengerjaan empat unit gedung rumah sakit berlantai tiga sudah hampir rampung dan tiga diantaranya sudah diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Mandailing Natal oleh perusahaan pengembang rumah sakit tersebut.

Pembangunan RSUD Mandailing Natal telah menelan anggaran hampir Rp80 miliar. Rumah sakit tersebut direncanakan menjadi rumah sakit type B dan menjadi rumah sakit rujukan di wilayah Tapanuli Bagian Selatan dengan kapasitas 400 tempat tidur rawat.

Kini pembangunan gedung RSUD berada pada tahap finishing, sesuai kontrak satu unit bangunan yang belum diserahkan akan rampung pada pertengahan Februari 2022. Meskipun gedung rumah sakit sudah hampir rampung, namun pengoperasiannya terkendala perlengkapan alat kesehatan sebagai penunjang operasional rumah sakit.

Wakil Bupati Mandailing Natal, Atika Azmi Utammi Nasution saat meninjau RSUD tersebut menyebutkan, masih banyak fasilitas yang harus disiapkan untuk mengoperasikan RSUD diantaranya sarana air bersih, sarana limbah dan perlengkapan alat-alat kesehatan.
 
"Keuangan daerah tidak sanggup, kita lagi berjuang untuk fasilitas rumah sakit tersebut pada tahun 2023 mendatang. Tahun ini semua daerah sedang pengurangan anggaran akibat pandemi Covid-19. Kita usahakan agar pemerintah pusat bisa membantu biayanya,” harap Wakil Bupati Mandailing Atika Azmi Utammi Nasution.

Meski APBD Mandailing Natal sangat terbatas, Atika berjanji tetap akan berusaha menganggarkan pembangunan fasilitas RSUD pada APBD tahun 2023. (Romulo Siregar/Wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral