Pelaku ganjal ATM tertangkap di gerai ATM.
Sumber :
  • Tim tvOne/Daud Sitohang

Pelaku Ganjal ATM Tertangkap Basah di Sebuah Gerai Anjungan Tunai Mandiri

Selasa, 25 Januari 2022 - 19:29 WIB

Pematangsiantar, Sumatera utara - Seorang nasabah Bank BRI di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, nyaris menjadi korban penipuan saat sedang berada di dalam ruangan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Beruntung, dua orang petugas satpam bank yang awalnya curiga berhasil menangkap pelaku yang terekam kamera CCTV. Dalam rekaman video CCTV milik Bank tersebut, di dalam ruangan ATM sebelumnya terlihat seorang pria tua yang sebelumnya sedang melakukan transaksi penarikan uang.

Beberapa saat kemudian, seorang pria berkaus putih yang diduga pelaku terlihat memantau dari belakang nasabah. Saat korban terlihat kesulitan menarik uang di ATM tesebut, pelaku kemudian berpura-pura memberikan bantuan kepada korban sekaligus menjalankan modus pengganjalan di mesin ATM.

Sayangnya, aksi pelaku diketahui terlebih dahulu oleh dua orang petugas keamanan bank yang dari awal sudah curiga dan memantau gerak gerik pelaku, petugas pun langsung mengamankan pelaku dan menginterogasinya.

“Benar, petugas keamanan sebelumnya pada Jumat (21/1/2022) telah mengamankan salah seorang pelaku yang diduga merupakan sindikat penipuan dengan modus ganjal ATM." Ungkap Syahlun, Sirait Asisten manager dan operasional layanan BRI  Cabang Pematangsiantar.

Dari pengakuan pelaku, aksi yang sama pernah dilakukannya pada akhir tahun lalu, dan seorang korban mengalami kerugian senilai dua juta rupiah.

Setelah mengamankan pelaku, pihak bank langsung menyerahkan pelaku kepada petugas Kepolisian setempat. Namun, karena  korban enggan membawa ke jalur hukum dan  memilih diselesaikan dengan kekeluargaan akhirnya pelaku di lepaskan karena pelaku bersedia mengembalikan uang yang diambil dari ATM milik korban. (Daud Sitohang/mii)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral