Warga blokir jalan penghubung antar desa agar tidak dilalui truk pengangkut batura.
Sumber :
  • Tim TvOne/Chaidir Azhar

Pedagang Makanan Rugi, Puluhan Warga Meulaboh Hadang Truk Batubara

Jumat, 11 Maret 2022 - 11:58 WIB

Aceh Barat, Aceh - Puluhan warga Desa Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, memblokir jalan penghubung antar desa. Pasalnya warga dibuat kesal oleh debu yang ditimbulkan akibat operasional truk hauling pengankut batubara milik PT. Bumi Tambang Indah (BTI) yang melintas menuju Pelabuhan Jetty Meulaboh.

Warga yang didominasi oleh kaum hawa dengan tegas menolak melintasnya truk batubara tersebut, karena selain menimbulkan debu, dagangan kue dan nasi uduk mereka juga tidak laku.

Akibat aksi pemblokiran tersebut, truk yang sudah memuat batubara terpaksa harus putar balik, karena tidak bisa melewati jalan lintas desa menuju Pelabuhan Jetty Meulaboh, di Desa Suak Indrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, untuk melakukan aktivitas bongkar muat batubara.

Cut Nursiyah (56), warga setempat, memprotes keras aktivitas pengangkutan batubara yang melintasi jalan tepat di depan rumahnya. Selain mengotori rumah dan halaman, ia juga khawatir dampak kesehatan yang ditimbulkan karena menghirup debu batubara.

“Kami mau mobil batubara jangan lewat sini, kami tidak sanggup menerima debu, debu itu bawa penyakit, mungkin kami sehat sekarang, gara-gara debu ini hari besok kami bisa mati,” tegas Nursiyah.

Warga, kata dia, pernah mengajukan keberatan kepada perusahaan terkait operasional truk pengangkut batubara tersebut. Namun hingga saat ini belum bisa dipenuhi. “Keinginan kami mobil jangan lewat di depan rumah kami, itu keinginan kami,” pungkasnya.

Nursiyah menambahkan, semenjak aktivitas angkutan batura melintas jalan Desa mereka warga setempat sangat di rugikan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral