Dramatis, Evakuasi Kerbau Terjebak dalam Septic Tank.
Sumber :
  • Tim Tvone/Tarmizi

Dramatis, Evakuasi Kerbau Terjebak dalam Septic Tank

Rabu, 16 Maret 2022 - 07:12 WIB

Tebo, Jambi - Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tebo Jambi berhasil mengevakuasi seekor kerbau warga yang terporosok ke septic tank se-dalam tiga meter, di Dusun Purwodadi Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah.
 
Evakuasi kerbau dengan bobot diperkirakan mencapai 3 kuintal dari dalam septic tank milik ibu Tini tersebut berlangsung dramatis. Berbagai upaya sudah dilakukan petugas dan warga, kurang lebih dua jam kerbau berhasil dievakuasi dengan cara mengisi air ke dalam septic tank dengan mesin pompa air.
 
Saat dikonfirmasi, Kepala dinas  pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Tebo, Arief Haryoko, menyampaikan bahwa dalamnya lobang septic tank sempat membuat petugas dan warga kewalahan. 
 
"Lubang septic tank akhirnya diisi petugas dengan air menggunakan mesin pompa hingga penuh, sehingga kerbau ikut terangkat kepermukaan," terang Arief Haryoko. Pada Selasa (15/03/2022).
 
Kata Arief, petugas sempat panik saat kerbau sudah terangkat naik, pasalnya kerbau mengamuk. Berbekal keahlian khusus, kerbau berhasil dijinakkan dan akhirnya diserahkan ke pemilik ternak.
 
"Kerbau sempat meronta-ronta, dan Alhamdulillah petugas juga mempunyai keahlian dalam menjinakkan kerbau," terangnya.
 
Atas kejadian ini, Arief Hayoko mengimbau kepada masyarakat agar menutup sumur atau lubang yang sudah tidak difungsikan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
 
"Belajar dari pengalaman yang sudah ada, cukup riskan dan berbahaya membiarkan sumur atau galian begitu saja tanpa penutup apalagi berada di permukiman warga.” Pungkasnya (Tarmizi/Lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral