Antrean solar di sejumlah SPBU di Meulaboh.
Sumber :
  • Tim TvOne/Chaidir Azhar

Antrean Solar Semakin Parah, Warga Minta Tutup Aktivitas Penambangan Emas Ilegal

Jumat, 18 Maret 2022 - 10:29 WIB

Aceh Barat, Aceh - Kelangkaan minyak solar di Kabupaten Aceh Barat terus berlanjut. Akibatnya antrean panjang terjadi di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Meulaboh. 

Kondisi tersebut dikeluhkan oleh warga baik sopir truk, sopir angkutan umum hingga nelayan.

Muhammad salah warga yang mengeluhkan kelangkaan minyak solar tersebut, mengatakan kalau kelangkaan ini terjadi karena tidak maksimalnya pengawasan terhadap peredaran minyak bersubsidi. "Semua tahu, seluruh SPBU terjadi antrean, namun kalau kita melintas di kawasan Kecamatan Sungai Mas tepat di Tutut, yang menjadi lokasi penambangan emas secara ilegal, minyak solarnya melimpah untuk mengoperasikan alat mereka," tegas Muhammad, Jumat (18/3/2022).

Muhammad juga mempertanyakan, dari mana para penambang emas ilegal itu mendapatkan pasokan minyak solar yang begitu banyak. "Kan tidak mungkin mereka dapat memasok minyak solar jika tidak ada pembiaran dari pihak yang mempunyai kekuatan," tambah Muhammad.

Warga meminta, jika masalah kelangkaan minyak solar tidak bisa dikenddalikan, maka penegak hukum harus menghentikan pasokan minyak ke tambang emas ilegal di kawasan Sungai Mas. "Kalau minyak solar bersubsidi terus dipasok ke tambang emas ilegal, ya, sampai kapan pun antrean ini tidak akan hilang," ujar Muhammad. (Chaidir Azhar/Wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral