Pembukaan festival permainan tradisional di lapangan merdeka Koya Binjai..
Sumber :
  • tim tvOne - Taufik Hidayat

Lestarikan Permainan Tradisional Anak, Pemkot Binjai Gelar Festival Permainan Rakyat

Jumat, 25 Maret 2022 - 14:04 WIB

Binjai, Sumatera Utara - Guna melestarikan kembali permainan tradisional untuk anak-anak, Pemerintah Kota Binjai menggelar Festival Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Tingkat SD/ SMP Kota Binjai pada Jum'at (25/3/2022) di Tanah Lapang Merdeka Binjai. 

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Binjai, Ismail Ginting yang mengusung tema "Membangun Karakter Anak Melalui Permainan dan Olahraga Tradisional" ini dihadiri juga Ketua Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Provinsi Sumatera Utara, Agustin Sastrawan Harahap dan Ketua KPOTI Kota Binjai, Sri Ulina Ginting. 

Adapun olahraga yang dipertandingkan dalam festival ini adalah egrang, terompa, dan lari balok yang diikuti perwakilan dari Sekolah Dasar dan SMP se Kota Binjai. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Binjai, Ismail Ginting mengatakan sangat menyambut baik Festival Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional untuk tingkat anak-anak di Kota Binjai.
 
"Saya sangat mendukung kegiatan ini untuk melestarikan dan mengaktualisasikan warisan budaya daerah serta memperkenalkan bentuk dan nilai-nilai etika dalam budaya yang dipresentasikan lewat permainan tradisional," ucap Kadis Pariwisata Kota Binjai saat membuka festival tersebut. 

Menurutnya, kegiatan ini juga memberikan hiburan yang mendidik serta melati sportivitas khususnya bagi generasi muda. Ia mengungkapkan, saat ini lebih banyak anak yang menggemari permainan daring daripada permainan tradisional. Itu sebabnya, anak-anak lebih rentan untuk kecanduan Hp. 

"Inilah yang mendorong kita semua untuk mengajak anak-anak kita kembali bermain permainan tradisional dikarenakan banyaknya manfaat serta kondisi yang sangat mengkhawatirkan dari dampak anak-anak jika kecanduan telpon seluler," jelasnya. 

Ia pun berharap, nantinya ada salah satu dari olahraga tradisional bisa menjadi olahraga yang mendunia, sehingga ada pencapaian dari tradisi menuju prestasi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral