Kondisi jalan berlumpur di pulau Enggano, kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu..
Sumber :
  • tim tvOne - Miko

Derita Guru dan Siswa Jalan Kaki Sejauh 20 KM Di Pulau Enggano Bengkulu

Jumat, 25 Maret 2022 - 15:53 WIB

Bengkulu Utara, Bengkulu - Kondisi jalan berlumpur dan berlubang dengan genangan air terjadi di sepanjang jalan pulau terluar provinsi Bengkulu, Pulau Enggano. Kendati kondisi seperti ini namun tidak meluluhkan semangat ratusan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga SMA untuk Sampai ke tempat mereka menimba ilmu.

Hal ini diceritakan Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Bengkulu Utara, Pulau Enggano, Budiman Kauno.

"Ada enam desa dengan panjang jalan 49 kilometer semua jalan rusak parah. Ada 1 SMA, 2 SMP dan 5 SD di Pulau Enggano. Akibat jalan yang rusak siswa sekolah harus jalan kaki sepanjang 20 kilometer untuk sekolah," kata Budiman, Jumat (25/3/2022). 

Banyaknya siswa yang jalan kaki karena beberapa titik tidak dapat dilintasi kendaraan mengakibatkan jadwal jam belajar harus diundur sekira satu hingga dua jam menunggu kedatangan siswa. 

"Jadwal normal masuk sekolah mulai jam 07.30 WIB namun banyak siswa jalan kaki apalagi hujan jalan berlumpur maka jam belajar molor hingga pukul 09.00 WIB. Ini keluhan anak-anak," terangnya. 

Kondisi akses jalan terparah lanjut Budiman berada di Desa Kaana dan Kahyapu. Kondisi jalan berlumpur apabila hujan menerpa kawasan itu. Rusaknya jalan tidak saja berimbas pada dunia pendidikan sektor ekonomi juga terdampak. 

Camat Pulau Enggano, Susanto juga mengeluhkan hal serupa. Dirinya bersama Pemerintah Daerah Bengkulu Utara dan Pemprov Bengkulu terus mengupayakan agar jalan di pulau tersebut segera mendapatkan perbaikan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:56
09:42
15:09
07:45
14:04
Viral