Es Laksamana Mengamuk dan Air Mata Penganten, minuman khas di Tanah Melayu..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Arifin

Es Laksamana Mengamuk dan Air Mata Pengantin, Minuman Paling Diincar saat Berbuka Puasa

Jumat, 8 April 2022 - 15:06 WIB

Pekanbaru - Es Laksamana Mengamuk dan Air Mata Pengantin adalah minuman khas di Tanah Melayu, Provinsi Riau, yang paling banyak diincar untuk menu berbuka puasa. Rasanya yang manis dan segar, sangat cocok untuk melepaskan dahaga setelah seharian berpuasa.

Namanya memang sangar, untuk rasa boleh dicoba, campuran buah mangga dan daging kelapa muda, ditambah dengan siraman air santan, membuat Es Laksamana Mengamuk sangat enak dinikmati.

"Minuman ini sangat banyak dinanti-nanti oleh warga Riau, khususnya di Kota Pekanbaru saat di bulan Ramadhan," kata Andang Tambunan, yang sudah bertahun-tahun menjadi peracik minuman khas ini, Jumat (8/4/2022).

Tidak hanya Es Laksamana Mengamuk, minuman yang satu ini tidak kalah segarnya yaitu Air Mata Pengantin. Meski namanya kedengaran aneh, minuman yang berwarna ini juga paling pas dinikmati saat berbuka puasa bersama teman-teman.

"Perpaduan antara agar-agar yang bewarna-warni, menjadikan minuman ini sangat enak dipandang mata," ungkapnya.

Bahan-bahan pembuatannya sangat mudah didapatkan, yaitu sirup cocopandan, Nata de Coco, agar-agar merah, hijau, kuning, selasih, air gula dan air soda yang membuat minuman ini tambah segar. "Minuman ini banyak dipilih, selain menyegarkan, bisa disantap sebelum makan hidangan berat, sangat cocok jika disantap dalam kondisi dingin, biasanya dihidangkan dengan es batu," jelasnya.

Menurut Andang, tidak hanya warga Riau saja yang mengincar minuman ini, bahkan banyak yang datang dari luar Riau untuk mencicipi minuman khas ini. "Semoga minuman ini bisa menjadi referensi buat yang menjalani ibadah puasa," tutupnya. (Muhammad Arifin/Wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral