Antisipasi lonjakan pemudik, PT Hutama Karya tambah gardu di GT Bakauheni Selatan dan GT Kotabaru Itera Lampung..
Sumber :
  • Pujiansyah

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Hutama Karya Tambah Kapasitas Gardu Tol di JTTS Lampung

Sabtu, 16 April 2022 - 17:00 WIB

Bandar Lampung, Lampung - PT Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung, akan menambah gardu di Gerbang Tol Bakauheni Selatan dan Gerbang Tol Kota Baru Itera Lampung. Menurut Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) PT Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji, penambahan itu untuk mengantisipasi lonjakan pemudik.

"Selain memelihara fasilitas yang dimiliki, kami juga telah dan akan menambah fasilitas lain seperti penambahan kapasitas gardu tol di Gerbang Tol  Bakauheni Selatan yang semula lima jalur menjadi tujuh jalur. Kemudian, di Gerbang Tol Kotabaru yang semula empat jalur menjadi enam jalur," kata Dwi Aryono Bayuaji saat mendampingi kunjungan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau Jalan Tol Trans Sumatera, Jumat (15/4/2022).

Pihaknya juga menambah alat mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol bekerja sama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk menyediakan kantong parkir agar tidak terjadi antrean di penyeberangan pelabuhan menuju Gerbang Tol Bakauheni Selatan.

"Kini pembelian tiket kapal ferry melalui online dan kami menyediakan alternatif penyeberangan di Rest Area KM 20B apabila terjadi antrean dengan kapasitas 250 kendaraan, penambahan petugas siaga, memastikan bahan bakar minyak (BBM) tercukupi," kata Dwi.

HK juga menambah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) modular di beberapa titik yakni di Rest Area KM 20 B Ruas Bakauheni–Terbanggi Besar, Rest Area KM 306 B Ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang Kayu Agung dan Rest Area Temporary KM 82 A dab B Ruas Pekanbaru-Dumai.

"Kami juga menyediakan mobil ATM berjalan demi mempermudah transaksi pengguna jalan, pos kesehatan, dan pos pantau yang bekerja sama dengan pihak Kepolisian Daerah Setempat,” ujar Dwi.

Selain itu, Hutama Karya bersama Polres daerah setempat untuk menyediakan fasilitas vaksin gratis bagi pengguna jalan yang belum melakukan vaksinasi. Posko vaksinasi juga disediakan di berbagai titik Rest Area seperti di KM 20 di Ruas Bakauheni–Terbanggi Besar serta di KM 172 dan KM 234 di Ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral