Kepala Perwakilan Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Doddy Zulverdi (tengah).
Sumber :
  • tim tvOne - Zulfahmi

Jelang Lebaran, BI Sumut Imbau Warga Bijak Berbelanja dan Hati-Hati Tukar Uang Baru

Rabu, 27 April 2022 - 11:07 WIB

Medan, Sumatera Utara - Kepala Perwakilan Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Doddy Zulverdi meminta masyarakat untuk tetap bijak dalam berbelanja dan berhati-hati dalam melakukan penukaran uang rupiah.

“Kita kembali menghimbau masyarakat untuk tetap berbelanja secara bijak guna menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri yang semakin dekat,” ungkap Doddy, Rabu (27/4/2022).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, juga menyampaikan informaasi terkait perkembangan ekonomi terkini, serta perkembangan dalam pemenuhan kebutuhan uang kartal selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Menurutnya, pemulihan ekonomi global diprakirakan tetap akan berlanjut meski lebih rendah menjaadi 3,5% dari proyeksi sebelumnya yang mencapai hingga 4,4%. Kondisi ini didorong oleh masih berlanjutnya ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina yang berdampak pada pelemahan transaksi perdagangan, kenaikan harga, komoditas, dan ketidakpastian pasar uang global.

Volume perdagangan dunia juga diprakirakan lebih rendah, sementara harga komoditas global terus mengalami peningkatan sehingga turut memberikan tekanan pada inflasi global.

Di tengah lemahnya ekonomi global, Bank Indonesia memperkirakan pemulihan ekonomi nasional tetap akan berlangsung pada tahun 2022 meski sedikit lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

Pemulihan ekonomi nasional diperkirakan akan berada pada angka 4,5%-5,3% lebih rendah dari proyeksi sebelumnya sebesar 4,7%-5,5% dipengaruhi oleh volume ekspor yang tertahan seiring dengan lebih rendahnya ekonomi dan volume perdagangan global.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral