Pengunjung di objek wisata "mer Voon kandi heritage" Kota Sawahlunto Sumatera barat.
Sumber :
  • Tim tvOne/Beni Roska

Cantiknya Wisata Air di Lahan Bekas Tambang Batubara

Kamis, 5 Mei 2022 - 21:22 WIB

Sawahlunto, Sumbar – Pengunjung di objek wisata "mer Voon kandi heritage" Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, meningkat tiga kali lipat. 

Wisata mer Voon Kandi Herigate adalah Wisata air yang baru dan di kembangkan oleh masyarakat Talawi dengan memanfaatkan lahan bekas tambang Batu Bara dekat sungai Batang Ombilin.

Wisata air ini dibuat dengan desain seperti Jatim Park Jawa timur, dengan luas lahan sekitar 8 hektar wisata air ini dilengkapi dengan berbagai jenis mainan, ada taman wisata, kolam berenang, sampai air terjun mini serta banyak mainan lainya.

Menurut Jaswandi selaku pengelola wisata mer Voon Kandih heritage mengatakan, wisata air sebelumnya adalah danau bekas tambang Batu Bara.

"Bekas galian tambang Batu Bara ini memiliki air danau yang biru bagus. Meski bekas tambang batubara tempat ini berhasil kami sulap dengan bagus," Jelas Jaswandi selaku pengelola wisata mer Voon Kandih heritage kepada tim tvOnenews, Kamis (5/5/2022).

Upaya yang dilakukan oleh pengelola, bisa dijadikan contoh di wilayah lain yang banyak bekas tambang untuk dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

"saya berharap untuk para pengusaha tambang kalau bisa jangan sumber daya alamnya aja yang di ambil, namun setelah menambang reklamasikan lah bekas tambang tersebut ada juga yang di kenang oleh masyarakat setempa." Tambah anggota Dewan Perwakilan Rakyat tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral