Warga menunjukkan jejak harimau Sumatera kepada personel kepolisian.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Muhammad Arifin

Habitat Dirusak, Harimau Sumatera Kembali Muncul di Kabupaten Bengkalis

Jumat, 6 Mei 2022 - 13:11 WIB

Bengkalis, Riau - Untuk yang kesekian kalinya, warga di Desa Berangin, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, kembali diteror dengan kedatangan harimau Sumatera. Diduga harimau yang mendatangi warga tersebut, merupakan harimau yang beberapa waktu lalu memakan hewan ternak milik warga.

"Setelah mendapat laporan, hari ini kita melakukan pengecekan. Benar, kita temukan jejak yang diduga harimau di lokasi," kata Kapolsek Pinggir Kompol Maitertika, saat dikonfirmasi tvOnenews.com, Jumat (6/5/2022).

Keterangan saksi mata bernama Dedi, bahwa pada 4 Mei 2022 sekitar pukul 17.30 WIB dia mendengar suara ribut angsa di belakang barak tempat dirinya tinggal. Kemudia ia mengajak temannya bernama Gule untuk melihat keadaan sekeliling barak.

Saat itulah Gule melihat harimau di sekitaran barak. Dia pun berteriak 'Harimau'. Keduanya langsung menghubungi kepala desa setempat. Tidak berapa lama, puluhan warga datang ke lokasi. Mereka pun langsung melakukan pengecekan di sekitar lokasi dan menemukan jejak harimau Sumatera dewasa. 

"Kita imbau kepada warga dan penghuni barak, agar selalu waspada dan berhati-hati serta menginformasikan terus bilamana melihat harimau," ujar Kapolsek. 

Sebelumnya, masyarakat di Bengkalis, Riau dibuat geger karena munculnya harimau di sekitar perkampungan. Balai BKSDA Riau menilai lokasi munculnya harimau adalah kawasan hutan lindung yang sudah dirambah.

Balai BKSDA terpaksa memutuskan untuk mengevakuasi harimau itu dari habitat aslinya, karena berpotensi menimbulkan konflik dengan manusia. Evakuasi harimau dari rumahnya sendiri itu diklaim sebagai upaya penyelamatan. (man/wna) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral