Petugas Dinas Peternakan Provinsi Sumsel saat Memeriksa Seekor Sapi.
Sumber :
  • Tim TvOne/Junjati

12 Ekor Sapi di Sumsel Terindikasi Terpapar PMK

Senin, 16 Mei 2022 - 15:46 WIB

Palembang, Sumsel - Sebanyak 10 ekor sapi di Kota Lubuklinggau dan dua ekor di Ogan Komering Ilir (OKI), terindikasi terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Sumsel telah mengirimkan sampel ke laboratorium di Balai Veteriner Lampung.

Kepala DKPP Sumsel, Ruzuan, mengatakan, belum diketahui dari mana asal sapi-sapi tersebut. Apakah dari luar, atau memang dari petani sapi di Sumsel.

"Masih diperiksa apakah terpapar di peternakan atau karena sapi yang masuk dari luar Sumsel. Sampelnya sudah kami kirim ke laboratorium di Lampung sejak Sabtu (14/5/2022) saat ini masih menunggu hasilnya," ungkapnya, Senin (16/5/2022).

Menurutnya, tim monitoring sudah turun ke lokasi peternakan yang melapor sapi mereka terpapar PMK. Antisipasi pencegahan juga dilakukan dengan cara memberi vaksin atau pengobatan terhadap sapi yang terinfeksi.

"Kita upayakan penyakit PMK itu tidak menyebar lagi ke sapi lain. Penyakit ini juga tidak menular ke manusia," katanya.

Selain itu, DKPP juga akan memperketat lalu lintas atau proses pengiriman hewan. Setiap daerah akan diimbau dalam Rakor untuk mengantisipasi penyebaran virus pada hewan.

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumsel, drh Jafrizal, mengatakan, bila nantinya jumlah yang terpapar hanya 12 ekor dan tidak menyebar, maka akan dilakukan stamping out dan tidak ditetapkan sebagai daerah wabah. Tapi kalau menyebar maka dilakukan penetapan status.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral