Usai Lebaran Harga Kebutuhan Pokok Naik.
Sumber :
  • Tim Tvone/Junjati

Usai Lebaran Harga Kebutuhan Pokok Naik

Selasa, 17 Mei 2022 - 10:56 WIB

Palembang, Sumatera Selatan - Harga kebutuhan kebutuhan pokok usai Lebaran merangkak naik. Pantauan di sejumlah pasar di Kota Palembang terjadi kenaikan harga pada ayam potong dan juga sayur mayur. 
 
Di Pasar Lemabang misalnya, harga ayam potong menyentuh angka Rp40 ribu per kg. Sayur-sayuran seperti kacang buncis dan kacang panjang juga naik 100 persen. 
 
Mery salah seorang pedagang di Pasar Lemabang mengatakan, sebelum lebaran harga buncis hanya Rp 12 ribu per kg, namun kini harga buncis di pasaran mencapai Rp 20 ribu per kg. 
 
"Sekarang kita juga buncis jadi Rp20 ribu sampai Rp22 ribu," katanya. 
 
Kenaikan harga juga terjadi pada ayam potong. Banyaknya permintaan membuat harga ayam potong turut melambung tinggi. 
 
Sa'i pedagang ayam potong mengatakan, biasanya usai lebaran banyak warga yang mengadakan acara perkawinan ataupun acara lainnya sehingga kebutuhan ayam potong meningkat. 
 
"Sejauh ini ketersediaan ayam aman, biasanya pedagang menyetok seperti hari hari biasa. Tapi kalau ada pesanan, harus pesan dari hari sebelumnya," ujar Sa'i. 
 
Sementara itu harga daging sapi berangsur stabil. Saat ini per Kg daging dijual kisaran Rp 130-140 ribu per kg. Tidak seperti Idul Fitri lalu, harga daging sapi menembus angka Rp 180 ribu per kg.
 
Puji seorang ibu rumah tangga mengaku, cukup kaget dengan kenaikan harga buncis dan beberapa kebutuhan pokok lainnya. Dia berharap harga berangsur turun. 
 
"Pokonya pintar-pintar ngatur duit belanja saja," kata ibu tiga anak ini. (JPA/LNO)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral