Bupati Dharmasraya sidak pabrik kelapa sawit yang tutup dan tidak terima hasil kebun petani.
Sumber :
  • Beni Roska

Harga Sawit di Dharmasraya Anjlok, Bupati Minta Pabrik Beli dari Petani

Rabu, 18 Mei 2022 - 19:22 WIB

Dharmasraya, Sumatera Barat - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan melakukan sidak perusahaan sawit, pada Rabu (18/5/22). Dia menyebutkan ada dua Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang beroperasi di wilayahnya  tak memiliki kebun. 

Sidak dilakukan oleh orang nomor wahid di Bumi Ranah Cati Nan itu, menyusul Anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit, serta adanya PKS yang tekan harga, dengan tidak menerima sawit petani. Sutan Riska ingin memastikan pabrik kelapa sawit mengutamakan mengambil dan membeli hasil perkebunan petani.

Pemeriksaan tersebut juga dilakukan sebagai respons laporan dari masyarakat.

"Ada dua perusahaan PKS yang di daerah ini yang tidak memiliki kebun," kata Sutan Riska, saat dikonfirmasi di sela-sela penyerahan bantuan BTPKLW di Koramil 03 Pulau Punjung.

Dikatakannya, dua PKS yang tidak memiliki kebun itu yakni, PT DL Nagari Koto Padang dan PT DSL Nagari Koto Baru, Kecamatan Koto Baru.

"Dua PKS itu, tidak miliki kebun dan itu kota ketahui saat kita lakukan sidak ke lokasi perusahaan," sebutnya.

Meski demikian, saat melakukan sidak tersebut, pihaknya mendapati harga sawit di perusahaan tersebut, berada pada angka berkisar lebih dari Rp2000 per kilogram.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral