Petugas menyemprot cairan disinfektan di kandang sapi.
Sumber :
  • Tim tvOne/ Chaidir Azhar

Cegah PMK, Dinas Peternakan Abdya Semprot Kandang Ternak dengan Cairan Disinfektan

Kamis, 19 Mei 2022 - 09:35 WIB

Aceh Barat Daya, Aceh – Dinas Peternakan dan Pangan (Distanpa) Kabupaten Aceh Barat Daya, melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah kandang hewan ternak milik warga. Tindakan itu dilakukan sebagai upaya pencegahan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di daerah setempat.

Meski belum sampai ke daerah julukan Breuh Sigeupai itu, wabah PMK cukup meresehkan peternak yang mengancam kerugian materil jika ada hewannya yang mati mendadak karena  wabah tersebut.

“Kita mengharapkan ada solusi terbaik dari pemerintah untuk pencegahan, seperti pembersihan kandang atau pakan, kalau sekarang yang sudah kita buat bersihkan kandang, dengan metode pengasapan sebagai antisipasi,” jelas Muslem seorang peternak di Aceh Barat Daya, Kamis (19/5/2022).

Pengasapan kandang, kata Muslem, diyakini bisa mematikan virus yang kerap menyerang ternak. Apalagi berkaitan dengan penularan langsung dari udara, tentu cara tradisional itu akan dilakukan.

Sementara itu, Kepala Seksi Produksi Bidang Peternakan, Distanpa Abdya, Kasman mengatakan, pihaknya hingga kini terus mendata jumlah ternak. Hal itu dilakukan sebagai langkah-langkah antisipasi bila ditemukan penyakit PMK.

“Masih terus melakukan langkah antisipasi dan upaya pencegahan dengan melakukan pemeriksaan hewan ternak yang ada serta melakukan penyemprotan disinfektan, serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Kasman kepada wartawan.

Saat ini, upaya pencegahan yang dilakukan hanyalah penyemprotan kandang dengan disinfektan dan penyuluhan akan ciri-ciri hewan yang sudah terinfeksi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral