Polda Kepri Tangkap WNA Komplotan Jaringan Cyber, Pelaku Pembobolan Nasabah Bank Riau Kepri.
Sumber :
  • tim tvOne - Alboin Hironimus

Polda Kepri Tangkap WNA Komplotan Jaringan Cyber, Pelaku Pembobolan Nasabah Bank Riau Kepri

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:42 WIB

Batam, Kepri - Jajaran Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepri, mengejar satu Warga Negara Asing (WNA) berinisial A, yang merupakan komplotan dari para pelaku skimming nasabah Bank Riau Kepri.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Kepri, Kombes Pol Teguh Widodo mengatakan pelaku berinisial A itu, merupakan pelaku yang bertanggung jawab menyalin data dari nasabah yang baru melakukan transaksi di mesin ATM Bank Riau Kepri yang telah di pasang perangkap chip elektronik.

"Si A ini adalah pelaku yang berkutat dengan penyalinan data dari kartu ATM milik para nasabah Bank Riau Kepri," terangnya saat ditemui di Mapolda Kepri, Selasa (24/5/2022).

Widodo menuturkan, tiga pelaku berinisial VT Warga Negara Bulgaria, serta JP dan CC Warga Negara Indonesia yang kini telah diamankan, hanya berperan sebagai pemasang perangkap chip elektronik di mesin ATM yang telah di targetkan.

Tidak hanya memasang perangkat di bagian slot kartu ATM, ketiga pelaku ini juga memasang alat khusus di bagian tombol angka pada beberapa mesin ATM Bank Riau Kepri.

Setelah berhasil melakukan scanning kartu ATM milik korban, data tersebut langsung diolah pelaku A, dengan menggunakan aplikasi khusus.

"Data nasabah hingga nomor pin kartu ATM yang telah di dapat oleh pelaku A. Kemudian dikirim kembali ke tiga pelaku yang telah menunggu di Batam," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:13
08:31
03:29
04:25
01:50
23:20
Viral