Warga Rohingnya di wisma D'Cops 2 di Jalan Cipta Sari, Kota Pekanbaru..
Sumber :
  • tim tvOne - Muhammad Arifin

26 Pengungsi Rohingya Kabur dari Penampungan di Pekanbaru

Kamis, 26 Mei 2022 - 10:15 WIB

Pekanbaru, Riau - Belum sepekan berada di ibu kota Provinsi Riau, 26 warga Rohingya yang dipindahkan dari Aceh kabur dari Wisma D'Cops 2 di Jalan Cipta Sari, Kota Pekanbaru. Kaburnya warga Rohingya ini dibenarkan Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian.

"Ya benar, ada sekitar 26 pengungsi Rohingya yang kabur dari tempat akomodasi yang telah di siapkan. Hingga saat ini, mereka belum kembali ke tempat yang telah di siapkan," kata Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian, saat di konfirmasi tvOnenews, Kamis (26/5/2022).

Zulfahmi mendapat informasi pengungsi Rohingya kabur pada 24 Mei 2022 kemarin. Sebelumnya ia juga sudah mewanti-wanti pengungsi Rohingya ini akan kabur. "Seharusnya kita kan menerima 155 pengungsi Rohingya dari Aceh, tapi saat kita terima di sini lebih kurang 119 pengungsi Rohingya. Ternyata sebelumnya sudah ada juga yang kabur dari tempat penampungannya," ujarnya.

Rata-rata pengungsi Rohingya yang kabur ini berasal dari Biren, tujuan mereka sebenarnya mau pergi ke Malaysia. "Karena mereka ini terdampar di Indonesia, kewajiban kita sementara, apabila menemukan pengungsi dari luar negri, berkewajiban melakukan langkah-langkah pertolongan pertama," jelasnya.

Hingga kini, tidak diketahui kenapa 26 pengungsi itu kabur. Padahal sebelumnya ketika tiba di Pekanbaru, sejumlah pengungsi merasa senang dan nyaman dengan tempat yang baru. 

Pasalnya ketika berada di Aceh, ratusan pengungsi Rohingya itu ditempatkan di sebuah aula. Beda dengan di Pekanbaru karena diberikan kamar dan kebutuhan primer lainnya. (man/ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral