Lahan Gambut Hangus Terbakar di Kabupaten Nagan Raya Aceh.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Chaidir Azhar

23 Hektare Lahan Gambut Hangus Terbakar, Polisi Masih Lakukan Penyelidikan

Selasa, 31 Mei 2022 - 16:30 WIB

Nagan Raya, Aceh - Kebakaran lahan di Kabupaten Nagan Raya Aceh terus meluas, hingga kini sudah 23 hektare lahan gambut di Kecamatan Darul Makmur hangus terbakar.
 
Untuk memadamkan api, sebanyak 200 petugas gabungan dari Polres, BPBD, Kodim dan Polisi Hutan Nagan Raya telah di turun ke lokasi kebakaran, hingga memasuki hari ke 6 api belum bisa dipadamkan.
 
Kapolsek Darul Makmur Polres Nagan Raya Ipda Syahrul mengatakan, hingga hari ini petugas telah berhasil memadamkan sebagian.
 
"Petugas telah berhasil memadamkan 20 hektare lahan terbakar, sekarang dalam proses pendinginan dan pengawasan agar tidak kembali terbakar, namun hingga kini masih ada 3 hektare lahan yang masih belum bisa dipadamkan," kata Ipda Syahrul  pada Selasa (31/5/2022).
 
Lanjut Kapolsek Darul Makmur, Api sangat sulit dipadamkan, selain cuaca terik di tengah musim kemarau, kesulitan sumber air dan keterbatasan alat membuat petugas tidak bisa berbuat banyak.
 
"Kita kesuliatan mendapatkan sumber air, ditambah cuaca terik di tengah musim kemarau, dan keterbatasan alat membuat petugas kesulitan memadamkan api," sebut Kapolsek Darul Makmur.
 
Terbakarnya lahan gambut ini, polisi menduga sengaja dibakar, untuk memastikan hasil tersebut, polisi telah menurun tim untuk melakukan penyelidikan.
 
"Kita sedang melakukan penyelidikan, terhadap terbakarnya 23 hektare lahan gambut," ujar Ipda Syahrul.
 
Petugas sangat memohon pada warga pemilik lahan agar tidak membuka lahan baru dengan cara membakar, karena bisa berdampak lebih parah terhadap kerusakan hutan dan bisa memperburuk kondisi udara.
 
"Kita sangat berharap, tidak ada warga dan pemilik lahan membuka lahan baru dengan cara membakar, jika pihaknya mendapati, maka petugas tidak akan segan memgambil tindakan tegas," pungkas Ipda Syahrul.(Kha/Lno)
 
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral