Petugas lakukan pendinginan di areal lahan terbakar.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Dedi Eka

Kebakaran Lahan Gambut di Dumai Memasuki Tahap Pendinginan

Sabtu, 4 Juni 2022 - 15:55 WIB

Dumai, Riau - Kebakaran lahan gambut di Kecamatan Medang Kampai, Dumai yang berlangsung sejak kemarin, saat ini telah memasuki tahap pendinginan. Kebakaran dipicu karena suhu yang cukup panas. Berdasarkan data sementara, luas areal yang terbakar mencapai lima hektar yang terjaddi di sekitar Jalan Arifin Akhmad RT. 04 Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai. Upaya pemadaman dilakukan berbagai cara, diantaranya mengerahkan kekuatan personel untuk pemadaman dari darat, serta penggunaan water boom dari udara dengan mengoperasikan helikopter yang disiagakan di Bandara Pinang Kampai, Dumai.

"Saat di areal yang terbakar api sudah berhasil dipadamkan. Saat ini petugas di lokasi masih melakukan pendinginan, luas areal yang terbakar mencapai 5 hektar," jelas Kalaksa BPBD Dumai, Adyan Bangga Pranata, Sabtu (4/6/2022).

Kalaksa menambahkan, untuk mengantisipasi kebakaran lahan (Karhutla), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai bersama TNI, Polri, dan Masyarakat Peduli Api (MPA) terus meningkatkan kegiatan patroli ke sejumlah wilayah di Kota Dumai.

Patroli dilakukan di titik rawan Karhutla seperti di Kecamatan Medang Kampai, Bukit Kapur serta Sungai Sembilan. Sementara itu, petugas di lapangan diharapkan dapat membantu melakukan pengawasan untuk mencegah terjadinya Karlahut, mengingat sebagian besar lahan di Dumai merupakan lahan gambut yang rentan terbakar juga sulit dipadamkan. (dep/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral