Peternak sedang memberikan obat herbal kepada hewan ternak yang terjangkit PMK.
Sumber :
  • Chaidir Azhar

Penyakit Mulut dan Kuku Mengganas, Peternak Blangpidie Aceh Berikan Ramuan Jamu Herbal untuk Sapi dan Kerbau, Ini Resepnya

Senin, 6 Juni 2022 - 17:08 WIB

Aceh Barat, Aceh - Guna mencegah hewan ternak seperti sapi dan kerbau terjangkit dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), para peternak di Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya mempunyai cara unik. Mereka meramu obat herbal layaknya jamu yang diminum oleh hewan ternaknya.

Menurut para peternak obat herbal tersebut di anggap ampuh untuk mengobati sapi dan kerbau dari gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Salah seorang peternak, Zakaria mengungkapkan, pihak nya harus mengobati sendiri ternak yang terjangkit PMK, dengan mengunakan obat herbal tersebut.

"Untuk memulihkan ternak sapi dan kerbau yang terjangkit PMK, kami harus mengobatinya sendiri, meski biaya biasa mahal, untuk satu ekor sapi atau kerbau kami harus mengeluarkan Rp 200.000/ekor nya," sebut Zakaria, Senin (6/6/2022).

Menurut Zakaria, obat herbal itu diklaim mampu memulihkan ternak yang terjangkit PMK. Para peternak mengenali gejala PMK yakni pada hewan yang kurang nafsu makan dan terlihat lemas.

"Efek obat nya sudah terlihat, sapi dan kerbau yang terjangkit sudah banyak yang sembuh," kata Zakaria.

Zakaria juga membagikan resep obat herbal tersebut yakni daun sirsak, daun kapas, madu, gula aren dan telur ayam, yang diramu menjadi satu lalu di minumkan pada hewan ternak.

Karena ada nya tambahan biaya perawatan, maka sudah pasti akan berdampat dengan naiknya harga hewan ternak jelang idul adha nanti.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral