BBKSDA Sumut-BBTNKS lepasliarkan dua harimau Sumatera di Jambi.
Sumber :
  • antara

BBKSDA Sumut dan BBTNKS Lepasliarkan Dua Harimau Sumatera di Jambi

Kamis, 9 Juni 2022 - 03:15 WIB

Medan, tvOne

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut bekerja sama dengan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) melepasliarkan dua ekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) ke lokasi dalam zona inti Taman Nasional Kerinci, Jambi.

"Harimau Surya Manggala (jantan) dan Citra Kartini (betina) berumur lebih kurang 3,5 tahun dirawat di Suaka Satwa (Sanctuary) harimau Sumatera Barumun dan berhasil dilepasliarkan di dua lokasi dalam Zona Inti TNKS untuk menghindari inbreeding atau kawin kerabat yang dapat menurunkan kualitas genetis keturunannya nanti," kata Plt. Kepala Balai Besar KSDA Sumut Ir.Irzal Azhar, dalam keterangan tertulis,Rabu.

Irzal menyebutkan, pelepasliaran yang dilakukan pada Selasa dan Rabu (7-8 Juni 2022), dan sekaligus sebagai moment dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni 2022.

Pada tanggal 7 Juni 2022, BBKSDA Sumut dan BBTNKS didukung dengan mitra berhasil melepasliarkan harimau sumatera Surya Menggala dengan lancar.

Prosesi pelepasliaran dimulai dari Bandara Depati Parbo- Sungai Penuh Kerinci Jambi, dan pukul 10.30 WIB kedua harimau sumatera "Surya Menggala dan Citra Kartini"sudah berada di bandara dan siap untuk di lepas liar.

"Lepas liar I, persiapan berjalan lancar dan akhirnya Surya Menggala diangkut dengan helikopter menggunakan metode longline menuju lokasi I, dan berhasil di lepasliarkan dengan lancar," ucapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral