Latihan operasi pertahanan pantai.
Sumber :
  • Tim tvOne/Kurnia

1 Batalyon Lantamal IV Berhasil Pertahankan Pantai dari Musuh Asing

Kamis, 9 Juni 2022 - 22:12 WIB

Tanjungpinang, Kepri - Satu batalyon pasukan TNI AL Lantamal IV Tanjungpinang, Kepri berhasil mempertahankan pantai yang akan didarati oleh pasukan musuh militer asing dalam baku tembak di kawasan Pantai Gasing, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kamis (9/6/2022).

Baku tembak secara terus menerus dilakukan oleh pasukan TNI AL di bawah Komando satuan tugas gabungan pertahanan pantai yang terdiri dari 1 Kompi Personel Lantamal IV, 1 Kompi Infanteri Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV , 1 Baterai Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) dan 1 Kompi Markas Yonmarhanlan IV.

Disisi lain, musuh asing yang berhasil mendarat kembali dihadang oleh ledakan bom dari barikade bom ranjau yang terpasang sepanjang garis pantai pendaratan.

Perang mempertahankan kedaulatan Indonesia di wilayah pantai berakhir dengan kemenangan pasukan TNI AL menghadang dan menghalau musuh serta mengamankan sejumlah personel pasukan musuh.

Aksi perang di kawasan Pantai Gaseng, Pulau Dompak, Tanjungpinang tersebut merupakan simulasi latihan operasi pertahanan pantai tahun 2022 yang digelar oleh Lantamal IV Tanjungpinang. Latihan operasi pertahanan pantai digelar selama 4 hari dimulai sejak Senin 6 Juni 2022. 

Wakil Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Kolonel (Mar) Andi Rahmat mengatakan, latihan operasi pertahanan pantai bertujuan untuk melatih dan memelihara profesionalisme prajurit khususnya Yonmarhanlan IV.

"Ini latihan rutin, per triwulan, kita latihan untuk mengasah kemampuan dan profesionalisme prajurit," kata Kolonel Andi saat meninjau latihan, Kamis (9/6/2022).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral