Beberapa korban kapal PMI tenggelam berhasil dievakusi di perarian Nongsa.
Sumber :
  • Tim tvOne/ Alboin

Kapal PMI Ilegal Tenggelam di Perairan Batam, 23 Orang Berhasil Diselamatkan

Jumat, 17 Juni 2022 - 11:07 WIB

Batam - Kapal pengangkut Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal tenggelam di perairan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (16/6/2022) malam.

Kepala UPT BP2MI Kepulauan Riau, Mangiring Sinaga mengatakan kapal tersebut mengangkut sekitar 30 PMI ilegal dari Batam menuju Malaysia. "Benar tadi malam ada kapal pengangkut PMI ilegal yang terbalik di perairan Nongsa. Kurang lebih kapal berisi 30 orang PMI," terangnya saat dihubungi, Jumat (17/6/2022).

Informasi ini sendiri diketahui dari laporan salah satu nelayan yang kebetulan tengah beraktivitas di lokasi kejadian.

Saat kejadian, pelapor yang merupakan nelayan, juga berupaya menyelamatkan PMI ilegal saat kapal speed boat yang mereka tumpangi terbalik. "Sebelum melakukan pertolongan terhadap PMI, saksi sempat melaporkan peristiwa itu terhadap petugas TNI AL melalui sambungan telepon," lanjutnya.

Saat ini, sebanyak 23 PMI telah berhasil diselamatkan oleh pihak TNI AL dan nelayan setempat. Sedangkan sisanya sedang dalam pencarian. Dari data sementara, diketahui seluruh PMI yang menggunakan jalur ilegal berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB). "Saat ini seluruh korban yang berhasil dievakuasi telah berada di Mako Lanal Batam," lanjutnya. (aha/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral