Hari ini, Senin (20/06/2022) harga cabe di Pasar Raya Padang masih ‘sangat pedas’ di harga Rp. 80 ribu perkilogram. Sementara untuk cabe hijau di harga Rp. 45 ribu perkilogram..
Sumber :
  • Tim TvOne/Wahyudi Agus

Kurang Pasokan dari Jawa, Harga Cabai di Padang ‘Makin Pedas’

Senin, 20 Juni 2022 - 11:14 WIB

Padang, Sumbar - Harga cabai merah di Padang, Sumatera Barat, hingga hari ini masih belum stabil. Diperkirakan akan terus naik menjelang Hari Raya Idul Adha, di mana kebutuhan akan cabai merah makin tinggi. Terutama untuk masyarakat Sumatera Barat yang menjadikan cabai merah sebagai bahan utama masakan sehari-hari, termasuk rumah makan.
 
“Harga cabai merah saat ini naiknya luar biasa, kami pemilik rumah makan kecil merasakan sekali dampaknya, namun tidak bisa juga mengurangi konsumsi cabe merah lantaran tanpa cabe rumah makan kami pasti tidak dikunjungi orang,” ujar Yulinawati (50), salah seorang pemilik warung makan di Pasar Alai Padang.
 
Menurut Yuli, mau tak mau disaat harga cabai saat ini makin pedas, terpaksa rela pendapatannya sehari-hari berkurang. Karena jika pemakaian cabai dikurangi sudah sangat jelas mempengaruhi rasa dari masakannya, terutama rasa rumah makan Padang yang memang mesti pedas sebagai ciri khas.
 
Pekan kemarin, harga cabai merah lokal maupun dari Jawa di Pasar Raya Padang, mencapai Rp95 ribu per kilogram. Hari ini, Senin (20/6/2022) turun menjadi Rp80 ribu per kilogram. Sementara untuk cabai hijau dihargai Rp45 ribu per kilogram. Untuk saat ini, hanya cabai merah saja yang mengalami kenaikan tajam.
 
“Hari ini cabai Rp80 ribu per kilogram, belum tentu besok harganya berapa, karena kami tidak menerima pasokan yang sesuai dengan pesanan,” ujar Irwan, pedagang cabai merah di Pasar Raya Padang. Kata Irwan, naiknya harga cabai merah lantaran cuaca yang tidak baik sebulan terakhir.
 
“Ditambah lagi mendekati Idul Adha, kebutuhan akan cabai merah makin tinggi namun tidak sebanding dengan stok atau pasokan yang datang dari pulau Jawa,” tambahnya. Biasanya, irwan mendapatkan 100 karung per hari, namun sebulan terakhir, paling banyak pedagang cabai dan hasil bumi lainnya ini hanya memperoleh 16 karung saja.
 
Meski terus naik dan belum stabil, namun kebutuhan akan cabai merah di Padang tetap sama ketika cabai merah masih stabil pada harga 30 hingga 40 ribu rupiah per kilogram. Lantaran cabai merah merupakan komoditi yang wajib ada setiap mengolah makanan Padang. (Yud/Nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
03:21
14:24
11:39
08:19
02:20
Viral