Himapsi saat Aksi Penolakan dan Aksi Unjukrasa di DPRD Simalungun.
Sumber :
  • Tim tvOne/Daud Sitohang

Ratusan Warga Geruduk Kantor DPRD Simalungun: Tolak Konversi Tanaman The Jadi Sawit

Rabu, 22 Juni 2022 - 14:53 WIB

Simalungun, Sumatera Utara - Tolak konversi tanaman teh menjadi tanaman sawit, ratusan masyarakat menggelar aksi unjuk rasa ke gedung DPRD Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (22/6/2022).

Dalam orasinya, ratusan warga yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun menegaskan, bahwasanya mereka menolak adanya program konversi tanaman teh ke tanaman sawit, di Kebun Teh Sidamanik, tepatnya wilayah HGU Bah Butong.

"Kami mahasiswa dan masyarakat, menolak tegas adanya konversi tamanan teh ke sawit yang dilakukan PTPN IV di Sidamanik" ungkap kordinator aksi, Dedi Damanik yang diterima langsung  Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani. 

Dalam orasinya, Dedi mengatakan bahwa dampak buruk akibat tanaman sawit di Simalungun, mengakibatkan banjir besar yang selalu melanda di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Simalungun, seperti Kecamatan panei tongah dan daerah lainnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani yang menerima unjuk rasa tersebut mengatakan, bahwa saat ini pengunjuk rasa atau masyarakat bersama DPRD Simalungun berada dalam satu barisan dan satu suara, di mana DPRD sendiri secara tegas juga menolak konversi tersebut.

Timbul Jaya jelaskan, pihaknya ( DPRD Simalungun) akan langsung mempertanyakan hal tersebut  ke Kementerian BUMN yang ada di Jakarta.

"Jelas ini tidak bisa diselesaikan di tingkat kebun Sidamanik atau Manager, untuk itu  kita akan langsung berangkat ke Kementerian dalam waktu dekat," tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral