Petugas Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bandar Lampung Melakukan Vaksin Hewan Ternak untuk Mencegah Virus PMK.
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

Cegah Wabah PMK, 300 Dosis Vaksin Disuntikkan ke Hewan Ternak di Bandar Lampung

Rabu, 29 Juni 2022 - 09:50 WIB

Bandar Lampung, Lampung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung mulai menyuntikkan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dosis pertama ke hewan ternak khususnya sapi. Petugas pun telah menyiapkan 300 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk sapi di wilayah Kota Bandar Lampung.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bandar Lampung, Agustini menuturkan, walaupun tidak ada kasus, namun vaksinasi PMK dilakukan sebagai upaya pencegahan penyakit tersebut masuk ke wilayahnya. Ia katakan pihaknya mulai kemarin Selasa (28/6/2022) dan hari ini Rabu (29/6) akan menyuntikkan 300 vaksin dosis untuk sapi.

"Kita punya vaksin 300 dosis PMK yang diberikan oleh provinsi. Kita sudah membuat beberapa tim untuk melaksanakan penyuntikan 300 dosis vaksin di kota Bandar Lampung,” kata Agustini, Rabu (29/6/2022).

"Ini (vaksin) jatahnya untuk sapi dulu,  selanjutnya semoga kambing," sambungnya menjelaskan.

Selain itu, ia menuturkan, wilayah Kota Bandar Lampung saat ini masih aman kasus PMK.

"Ya, Alhamdulillah sampai saat ini tak ada kasus PMK. Kami berdoa agar  tak ada kasus di Bandar Lampung," ucapnya.

Vaksin hewan ternak ini, ia jelaskan, untuk mencegah PMK. Ia menegaskan bahwa pihaknya juga tak sembarang memberikan vaksin. "Kami memvaksin hewan-hewan yang tak dijual dan tak akan dijual. Karena,  vaksin ini 6 bulan dulu, baru bisa dipotong," paparnya.

Ia menambahkan untuk persyaratan hewan yang akan divaksin, minimal hewan tersebut sudah 3 bulan, sehat, dan tak sedang hamil.

"Jika tak sehat, ya, sama seperti  manusia, tak boleh. Juga hewan yang sedang hamil tak boleh," pungkasnya. (Puj/Aag)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral