Makanan khas Bukit Tinggi, Lontong Ketupat Kapau Gulai Tunjang..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Fahmi

Katupek Gulai Tunjang, Kuliner Khas Bukit Tinggi ini Mampu Lepas Rindu akan Kampung Halaman

Sabtu, 2 Juli 2022 - 16:41 WIB

Medan - Bagi anak perantau asli putra daerah Bukit Tinggi, Sumatera Barat, tentunya sangat merindukan masakan khas kampung halaman ketika berada di perantauan.

Kota Medan memiliki kuliner khas dari berbagai daerah. Salah satunya adalah katupek kapau gulai tunjang, makanan khas Bukit Tinggi, Sumatera Barat yang mampu menghilangkan rasa kerinduan pada kampung halaman. 

Makanan khas ini memiliki perbedaan rasa, seperti katupek atau lontong sayur pada umumnya. Katupek atau ketupat yang dicampur dengan sayur kapau dan gulai tunjung menjadi ciri khas tersendiri dari warung yang disajikan Bunda Risa di Jalan Menteng Raya, Medan Denai, Sumatera Utara.

Sebutan Kapau itu merupakan nama nagari atau daerah di Sumatera Barat, tepatnya di sekitar Kota Bukit Tinggi. Dari sanalah asal mula gulai kapau.

"Gulai kapau itu sendiri terdiri dari beraneka ragam sayuran. Masakan ini diolah dengan santan kelapa dan perpaduan sayur mayur seperti nangka muda, kacang panjang, daun kol dan rebung. Sedangkan gulai tunjang sendiri, merupakan menu tambahan yang diolah dengan santan kelapa dan dipadukan dengan daging sapi bagian kaki yang terdiri dari kulit tulang rawan dan otot," ungkap Yulhendri, pemilik Warung Bunda Risa, Sabtu (2/7/2022).

Kebayangkan bagaimana nikmatnya masakan khas Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Bagi yang sudah tidak sabar untuk mencicipinya, Warung Bunda Risa menyediakan ketupek kapau gulai tunjang pada pagi pukul 07:00 - 11:00 WIB dan sore pada pukul 18:00 -21:00 WIB.

"Selain gulai kapau dan gulai tunjang, untuk selera masing-masing, kita bisa sandingkan toping lainnya seperti telur dan rendang sapi," jelas Yulhendri.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral