Peti Mati yang Sebelumnya di Bawa ke Polsek Parlilitan Kembali Diserahkan Kepada Warga..
Sumber :
  • tim tvone/Syaren

Bawa Peti Mati dan Ambil Tanah di Sekitar Makam Sisingamangaraja XII, Ternyata Ini Alasan Belasan Warga di Humbang Hasundutan

Senin, 4 Juli 2022 - 22:34 WIB

Humbang Hasundutan, Sumatera Utara - Aksi belasan warga yang mengambil  tanah dari sekitar makam Sisingamangaraja XII, di Dusun Hambalo, Desa Sion Sibulbulon, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, bikin heboh pada Jumat (1/7/2022) sore lalu. 

Kepala Desa Sibulbulon, Jumrin Nahampun mengatakan peristiwa itu bermula saat warga mengamankan 11 orang dari luar daerah yang kepergok mengambil tanah di sekitar lokasi makam Sisingamangaraja XII, di desa itu sekitar pukul 17.00 WIB.

"Jadi warga Dusun Ambalo awalnya memberhentikan mobil L300 yang membawa muatan dua buah peti mati berukuran kecil yang di dalamnya ada kain putih berisi tanah," ungkap Jumrin kepada tvonenews.com, Senin (4/7/2022). 

Ia menyebutkan, di dalam minibus itu, selain ada dua peti berisi tanah dalam kain putih, juga ditumpangi 11 orang. Mereka baru saja menggali tanah di sekitar makam Sisingamangaraja XII.

Sekelompok orang tersebut berasal dari sejumlah daerah, mulai dari Lampung, Pekanbaru, Bekasi, Palembang, Toba dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Ia katakana, mereka semua masih dalam satu garis keturunan.

Sambungnya menjelaskan, awalnya warga mencurigai bahwa sekelompok orang tersebut telah membongkar makam Sisingamangaraja XII, dan langsung menghubungi kepala desa untuk mengecek makam Raja Batak itu.

"Di dalam mobil itu ada berisi 11 orang dan baru saja dari areal makam Sisingamangaraja XII. Lalu warga menghubungi dan saya langsung datang ke lokasi," jelasnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral