Satgasran TNI AL Ledakkan 5 Ranjau di Perairan Selat Riau.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Kurnia

Satgasran TNI AL Ledakkan 5 Ranjau di Perairan Selat Riau

Rabu, 6 Juli 2022 - 14:09 WIB

Tanjungpinang, Kepri - Satuan Tugas Ranjau (Satgasran) Komando Armada (Koarmada) I TNI AL berhasil meledakkan 5 ranjau laut yang disebarkan di sekitar perairan Selat Riau, Kepulauan Riau.

Peledakan ranjau tersebut merupakan rangkaian Latihan Peperangan Ranjau tahun 2022 yang dilaksanakan prajurit gabungan dari beberapa satuan TNI AL di bawah jajaran Koarmada I.

Komandan Satuan Kapal Ranjau Koarmada I selaku Komandan Satuan Tugas Ranjau (Dansatgasran) Kolonel Laut (P) Ashari Sunan Abidin sekaligus Komandan Kapal Ranjau (Dansatran) Koarmada I menjelaskan, latihan digelar selama 9 hari dengan 2 tahap yaitu, Gladi posko dilaksanakan 6 hari di Pangkalan TNI AL Tanjung Uban dan Galdi lapangan selama 3 hari di laksanakan di perairan Selat Riau.

"Alhamdulillah kita selesai melaksanakan gladi lapangan, dan berhasil menemukan 5 buah ranjau laut, diantaranya 3 buah Ranjau Tanduk atau Ranjau Jangkar dan 2 buah Ranjau Dasar.” Ujar Kolonel Laut (P) Ashari, Rabu (6/7/2022).

Lebih lanjut Kolonel Ashari menjelaskan, atas temuan ranjau tersebut kemudian dilaksanakan tahap pendeteksian menggunakan ‘Side Scan Sonar’ serta Magnetometer.

""Seluruh ranjau berhasil ditemukan dan diledakkan oleh Tim Demolisi yang berada di bawah Satuan Kapal Ranjau," Jelasnya

Menurutnya, Latihan Peperangan Ranjau tahun 2022 dilaksanakan secara periodik setiap satu tahun sekali oleh Koarmada I dalam upaya membina kemampuan dan profesionalisme prajurit dan kesiapansiagaan alutsista TNI AL serta mengasah dan mengukur tingkat kemampuan personel yang mumpuni dalam peperangan ranjau khususnya prajurit Satuan Kapal Ranjau.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral