Presiden RI, Joko Widodo saat meninjau proses penelitian minyak makan merah di PPKS Jalan Brigjen Katamso Medan..
Sumber :
  • tim tvone/Ahmidal Yauzar

Jadi Alternatif Pencegahan Stunting, Joko Widodo Tinjau Penelitian Minyak Makan Merah di PPKS Medan

Kamis, 7 Juli 2022 - 16:19 WIB

Medan, Sumatera Utara - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meninjau proses penelitian minyak makan merah di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Jalan Brigjen Katamso Medan, Sumatera Utara, Kamis, (7/7/2022). 

Minyak makan merah sendiri merupakan inovasi minyak sawit yang berpotensi digunakan sebagai pangan fungsional dalam membantu pencegahan stunting atau kekerdilan dari masyarakat.

“Minyak makan merah ini tidak hanya bisa berfungsi untuk menggoreng, tapi bisa juga untuk suplemen untuk membantu masyarakat kita dari stunting karena nilai gizi dari minyak makan merah ini sangat besar dibanding dengan minyak goreng yang beredar di pasaran,” ungkap Kepala PPKS, Edwin Lubis, kepada tvonenews.com, Kamis (7/7/2022).

Menurut Edwin, keunggulan dari minyak makan merah tersebut terletak pada nilai gizi dan kandungan pro-vitamin A dan E yang lebih tinggi dari minyak goreng pada umumnya. Dalam pengolahannya, Edwin menyebutkan, PPKS menggunakan teknologi sederhana dengan mempertahankan nutrisi di dalamnya. 

“Keunggulan dari minyak makan merah ini adalah gizi atau kandungan vitamin A dan vitamin E lebih tinggi karena kita mengutamakan nutrisi dalam pengolahannya,” jelasnya. 

Ia juga menambahkan bahwa produksi minyak makan merah ini dapat dikembangkan oleh Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) karena nilai investasi yang lebih kecil dibandingkan pabrik minyak goreng komersial. Selain itu, Edwin menerangkan biaya logistik dari produksi minyak makan merah ini juga kecil. 

“Ini diharapkan dapat dibangun pada sentra atau di daerah-daerah pedesaan sehingga pasti akan lebih murah karena biaya logistiknya bisa dikatakan tidak ada,” terangnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral